PENGARUH FLUKTUASI HARGA KOPI TERHADAP DAYA BELI MASYARAKAT DESA MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Empiris Pada Desa Muara Dua Kecamatan Ulu Belu Kabupaten Tanggamus)

INDO, LAKSANA (2022) PENGARUH FLUKTUASI HARGA KOPI TERHADAP DAYA BELI MASYARAKAT DESA MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Empiris Pada Desa Muara Dua Kecamatan Ulu Belu Kabupaten Tanggamus). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sikap atau perilaku masyarakat pada saat ini yang terus meningkat. Dimana kebanyakan orang lebih mendahulukan untuk memenuhi keinginanya terlebih dahulu daripada kebutuhannya. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor yang salah satunya adalah kurangnya pengetahuan tentang bahaya dari pola hidup konsumtif. Disamping itu dengan perilaku konsumsi masyarakat yang semakin meningkat, terkadang daya beli masyarakat bisa mengikuti keadaan di sekelilingnya atau kebiasaan dari lingkunganya, Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian field research dengan sifat asosiatif, responden penelitian ini berjumlah 35 diambil menggunakan teknik puposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang disebarkan melalui google form sebanyak 24 kuesioner. Peneliti menggunakan model ekonomi regresi linear sederhana dengan uji T (parsial) dan uji determinasi dengan menggunakan alat bantu software SPSS versi 22. Berdasarkan hasil perhitungan statistik pada penelitian ini, maka disimpulkan bahwa fluktuasi harga kopi berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya beli masyarakat secara langsung. Hal ini dapat terbukti pada nilai t hitung > Ttabel (3.335 > 2.034). Maka dapat dinyatakan bahwa variabel X berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel Y. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa R Square sebesar 0.196 atau 19.6% hal tersebut berarti pengaruh fluktuasi harga kopi terhadap daya beli masyarakat sebesar 19.6% sedangkan (100%-19.6%) 80.4% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang diluar penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa fluktuasi harga kopi secara signifikan positif mempengaruhi daya beli masyarakat. Dalam perspektif ekonomi Islam dapat diketahui bahwa kurangnya pengetahuan warga desa akan pentingnya berkonsumsi yang sesuai dengan ajaran islam. Khususnya dalam memenuhi kebutuhan baik itu Darruriyyah (kebutuhan primer), Hajiyyah (kebutuhan sekunder) dan tahsiniyyah (kebutuhan tersier). Islam mewajibkan manusia untuk mengikuti aturan-aturan yang sesuai iii dengan syariat Islam, khususnya dalam berkonsumsi, kita tidak boleh mengkonsumsi segala sesuatunya secara berlebihan, karena dapat menimbulkan kemudharatan. Dalam hal ini tujuan utama konsumsi dalam Islam adalah sebagai sarana penolong dalam beribadah kepada Allah SWT. Kata kunci: Fluktuasi Harga, Daya Beli

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jan 2022 03:30
Last Modified: 24 Jan 2022 03:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17307

Actions (login required)

View Item View Item