PENGARUH LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK SELF INSTRUCTION UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR DARING PESERTA DIDIK DI MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

RIAN, ADI SAPUTRA (2022) PENGARUH LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK SELF INSTRUCTION UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR DARING PESERTA DIDIK DI MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKIRPSI RIAN ADI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Kejenuhan dalam belajar secara umum merupakan sesuatu yang lumrah serta tidak dapat terpisahkan dalam kehidupan manusia, bahkan jenuh merupakan bagian dari kehidupan, itulah yang terjadi dalam lingkungan sekolah, kejenuhan belajar bisa saja terjadi pada peserta didik. Konseling individu dengan menggunakan teknik self�instruction merupakan suatu pendekatan dalam konseling untuk membantu peserta didik agar bisa memanajemn pikiran negatif dan memotivasi diri ketika tekanan yang memicu jenuh datang dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh konseling individu dengan menggunkan teknik teknik self�instruction dalam mengatasi kejenuhan belajar daring ditengah pandemi covid 19 pada peserta didik kelas VIII MTs Negeri 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental designs dengan desain penelitian one-group pretest-posttest desaign. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Negeri 2 Bandar Lampung yang dikategorikan jenuh belajar. Kemudian didapatkan 7 sampel dengan 4 peserta didik mengalami jenuh dalam belajar daring dan peserta didik kategori cukup jenuh terdapat 3 sampel. Hasil dalam penelitian ini menunjukan dari hasil uji t paired samples t-test diketahui bahwa t adalah -8.577 mean -34.0000, kemudian t-hitung dibandingkan dengan t-tabel dengan ketentuan t hitung >t tabel (-8.577 > 1.833). dengan demikian kejenuhan peserta didik kelas VIII MTs Negeri 2 Bandar Lampung mengalami perubahan setelah diberikan konseling individu dengan teknik self�instruction. Dan sig 0,00< α = 0.05. dengan begitu bimbingan konseling individu dengan teknik self-instruction berpengaruh dalam mengatasi kejenuhan belajar daring pada peserta didik kelas VIII di MTs Negeri 2 Bandar Lampung dikarnakan hipotesis penelitian (Ha) berpengaruh dan hipotesis statistic (Ho) di tolak dengan ketentuan t hitung > tabel dan (Ho) di terima dengan ketentuan t hitung < t tabel. Kata kuncci: kejenuhan Belajar, Peserta didik. Konseling Individu, Teknik self instruction. iii ABSTRACT Saturation in learning in general is something that is commonplace and cannot be separated in human life, even saturation is a part of life, that's what happens in a school environment, learning saturation can happen to students. Individual counseling using self�instruction techniques is an approach in counseling to help students manage negative thoughts and motivate themselves when pressure that triggers boredom comes in learning. The purpose of this study was to determine the effect of individual counseling using self-instruction techniques in overcoming online learning boredom in the midst of the covid 19 pandemic in class VIII students of MTs Negeri 2 Bandar Lampung in the 2020/2021 academic year. This type of research is pre-experimental designs with a one�group pretest-posttest research design. The population of this study were students of class VIII MTs Negeri 2 Bandar Lampung who were categorized as bored with learning. Then obtained 7 samples with 4 students experiencing boredom in online learning and students in the moderately saturated category there are 3 samples. The results in this study show that from the paired samples t�test results, it is known that t is -8,577 mean -34,0000, then t-count is compared with t-table provided that t-count > t-table (-8,577 > 1.833). Thus the saturation of class VIII MTs Negeri 2 Bandar Lampung students experienced a change after being given individual counseling with self-instruction techniques. And sig 0.00< = 0.05. that way individual counseling guidance with self-instruction techniques has an effect on overcoming online learning boredom in class VIII students at MTs Negeri 2 Bandar Lampung because the research hypothesis (Ha) is influential and the statistical hypothesis (Ho) is rejected with the provisions of t count > table and ( Ho) is accepted with the provision that t count < t table. Key words: learning saturation, students. Individual Counseling, self-instruction techniques

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jan 2022 03:04
Last Modified: 24 Jan 2022 03:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17300

Actions (login required)

View Item View Item