PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP KELAS IV SD/MI

Cici, Hamida (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP KELAS IV SD/MI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL cici.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan karena belum dikembangkannya bahan ajar modul berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) tema peduli terhadap mahluk hidup di kelas IV SD. Pada saat pembelajaran di dalam kelas pendidik hanya menggunakan buku paket yang disediakan oleh pemerintah, yang menyebabkan kurangnya minat, motivasi serta kreativitas peserta didik selama proses pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini mengenai pengembangan bahan ajar modul berbasis (CTL) tema peduli terhadap mahluk hidup di kelas IV SD/MI. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu pengembangan (Research and development atau R&D). Penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE, yang menggunakan 5 langkah tahapan dalam penelitian, yaitu1) Analysis 2) Design 3) Development 4) Implementation 5) Evaluation. Instrumen yang digunakan berupa skala penilaian untuk mengetahui kelayakan modul berbasis (CTL) tema peduli terhadap mahluk hidup di kelas IV SD/MI. Sebagai bahan pembelajaran dengan menggunakan skala likert. Analisis data yang dilakukanya itu mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif dari ahli media, ahlimateri, ahli bahasa, pendidik dan peserta didik skala kecil dan skala besar. Hasil penelitian yang dikembangkan memperoleh hasil dari ahli materi, ahli media dan ahli bahasa, dengan persentase ahli materi 85% kriteria sangat layak, ahli media 82% dengan kriteria sangat layak, ahli bahasa 81% kriteria sangat layak, dan respon pendidik dan peserta didik skala kecil dan skala besar, respon pendidik dengan persentase 82% dengan kriteria sangat layak, respon peserta didik skala kecil dengan persentase 92% kriteria sangat layak dan rspon peserta didik skala besar dengan persentase 88% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan data tersebut menjelaskan bahwa pengembangan modul berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) tema peduli terhadap mahluk hidup dikelas IV SD/MI sangat layak digunakan di SD/MI kelas IV. Kata Kunci :Modul, Contextual Teaching and Learning (CTL), peduli makhluk hidup, kelas IV SD/MI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jan 2022 02:42
Last Modified: 21 Jan 2022 02:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17275

Actions (login required)

View Item View Item