ANALISIS KEPUASAN PEMBERIAN GAJI TERHADAP ETOS KERJA KARYAWAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada BANK Syariah Metro Madani Kantor Pusat)

NURUL, FADILA (2022) ANALISIS KEPUASAN PEMBERIAN GAJI TERHADAP ETOS KERJA KARYAWAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada BANK Syariah Metro Madani Kantor Pusat). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kompensasi khususnya gaji dimata karyawan memiliki peran yang sangat penting, karena besarnya gaji mencerminkan ukuran nilai karya mereka diantara karyawan itu sendiri, keluarga dan masyarakat. Program-program kompensasi juga penting bagi perusahaan, karena mencerminkan upaya organisasi untuk mempertahankan sumber daya manusianya. Disamping itu kompensasi (dalam bentuk upah dan balas jasa lainnya) sering merupakan kompenen-kompenen biaya yang paling besar dan penting. Bila pengupahan dan penggajian tidak di administrasikan secara tepat, perusahaan bisa kehilangan para karyawannya yang baik dan harus mengeluarkan biaya untuk menarik, menyeleksi, melatih dan mengembangkan penggantinya. Bahkan bila karyawan tidak keluar, mungkin mereka menjadi tidak puas terhadap perusahaan dan menurunkan produktifitas mereka, seorang karyawan yang produktif merupakan asset yang penting bagi perusahaan dan perlu dipertahankan agar tidak pindah atau keluar dari perusahaan, akan tetapi pada kenyataannya sering kali timbul masalah seperti rendahnya etos kerja, tinggi turnover, dan tingkat absensi karyawan yang pada akhirnya dapat mempengaruhi kinerja perusahaan secara keseluruhan. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah, yaitu pertama bagaimana kepuasan pemberian gaji terhadap etos kerja karyawan pada Bank Syariah Metro Madani Kantor Pusat, dan bagaimana kepuasan pemberian gaji terhadap etos kerja karyawan pada Bank Syariah Metro Madani Kantor Pusat dalam perspektif islam. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini yaitu pihak Bank Syariah Metro Madani Pusat. Berdasarkan pada hasil penelitian dapat menyimpulkan Kepuasan pemberian gaji atau ketidak puasan karyawan terhadap pemberian gaji itu sendiri dapat dilihat dari perilaku dan tinggi rendahnya produktivitas kerja karyawan, apabila pihak gaji tidak sesuai dengan jasa yang telah diberikan kepada karyawan maka akan tingkat turnover akan semakin tinggi atau bahkan karyawan akan cenderung melaksanakan pekerjaannya dengan iii tidak baik, sehingga pada akhirnya perusahaanlah yang akan rugi dan mengalami penurunan dalam tingkat produktivitas. Menurut Asifudin etos kerja karyawan dalam perspektif islam yaitu terpancar dari sistem keimanan/aqidah islam berkenaan dengan kerja, aqidah itu terbentuk oleh ajaran wahyu dan akal yang bekerja sama secara profesional menurut fungsi masing-masing. Dalam penelitian ini penulis memberikan saran yaitu, yang pertama dalam kepuasan pemberian gaji pada pekerja karyawan sebaiknya dapat dilihat dari kinerja keahlian bidang, sikap perilaku dan tinggi rendahnya produktivitas kerja karyawan itu sendiri. Dan yang kedua berdisiplin dengan menggunakan jam kerja sebagaimana semestinya. Kata kunci: Etos kerja karyawan dan Kepuasan pemberian gaji

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jan 2022 02:25
Last Modified: 21 Jan 2022 02:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17273

Actions (login required)

View Item View Item