EFEKTIVITAS PROGRAM E-WARUNG TERHADAP UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Desa Sri Purnomo Kecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah)

Intan, Indah Setiyowati (2022) EFEKTIVITAS PROGRAM E-WARUNG TERHADAP UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Desa Sri Purnomo Kecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi dengan program pemerintah yang diwujudkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. fenomena program bantuan bantuan non tunai e-warong yang di laksanakan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) di Desa Sri Purnomo Kecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung tengah. Program e-warung ini ditujukan untuk masyarakat yang kurang mampu guna memenuhi kebutuhan pangan mereka yang berdampak pada kesejahteraan keluarga masyarakat Desa Sri Purnomo. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana efektifitas program e-Warung terhadap upaya peningkatkan kesejahteraan masyarakat?; dan bagaimana efektifitas program e-Warung terhadap upaya peningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam perspektif ekonomi islam? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis efektivitas program e-Warung terhadap upaya peningkatkan kesejahteraan masyarakat dan untuk mengetahui efektivitas program e-Warung terhadap upaya peningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam perspektif ekonomi Islam Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research). Peneliti menggunakan metode pendekatan Kualitatif. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 40 sampel yang dijadikan responden, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa efektivitas program bantuan non tunai e-warung terhadap upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa Sri Purnomo dapat dikatakan efektif bahwasanya penyaluran program e-warung sudah sesuai dengan 6 T keberhasilan program yaitu tepat sasaran, tepat harga, tepat jumlah, tepat kualitas, tepat waktu dan tepat administrasi dan program e-warong telah dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Sri Purnomo dalam aspek kesehatan dengan pemenuhan kebutuhan pangan, gizi dan protein. Dalam perspektif Ekonomi Islam penyaluran program e�warong di Desa Sri Purnomo sudah sesuai dengan prinsip-prinsip Ekonomi Islam yaitu keadilan. Pertanggung jawaban dan jaminan sosial (tafakul) serta serta telah memenuhi terciptanya pemenuhan kebutuhan lima dasar maqashid as-syariah yaitu agama (al-dien), Hidup atau jiwa (nafs), dan Keluarga atau keturunan (nasl). Namun belum terpenuhinya Harta (maal) dan Intelek atau akal (aql). Kata Kunci : Program Bantuan Non Tunai E-Warong, Kesejahteraan Masyarakat, Kesejahteraan Dalam Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jan 2022 01:25
Last Modified: 21 Jan 2022 01:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17271

Actions (login required)

View Item View Item