ANALISIS UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV DI MI MASYARIQUL ANWAR IV SUKABUMI BANDAR LAMPUNG

PUJI, LESTARI (2022) ANALISIS UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV DI MI MASYARIQUL ANWAR IV SUKABUMI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI PUJILESTARI (1711100110) .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spriritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan negara. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Masyariqul Anwar IV Sukabumi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data wawancara,obeservasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, dan pendidik. Observasi dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia. Dokumentasi dilakukan untuk mendapatkan informasi mengenai dokumen terkait penelitian. Hasil penelitian menggambarkan bahwa pelaksanaan pembelajaran secara daring di Madrasah Masyariqul anwar IV Sukabumi dikelas IV sudah terlaksana cukup baik. Upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia dengan langkah-langkah pembelajaran seperti Perencanaan Pembelajaran membuat silabus dan RPP, Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran, media pembelajaran, tingkatkan motivasi, sarana dan prasarana sekolah yang mendukung proses pembelajaran, dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Adapun untuk mengatasi hasil belajar guru kelas IV khususnya pada mata pelajaran bahasa Indonesia yang nilainya masih dibawah KKM akan diberikan remedial baik berupa tugas tes tulis maupun ulangan harian. Kata Kunci: Bahasa Indonesia, Hasil belajar, Upaya Guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jan 2022 07:24
Last Modified: 20 Jan 2022 07:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17265

Actions (login required)

View Item View Item