PERAN PENYULUH PERTANIAN LAPANGAN SEBAGAI PENGGERAK EKONOMI DESA TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi di Desa Penantian Kecamatan Pulau Panggung Kabupaten Tanggamus)

Ahmad, Prayoga (2022) PERAN PENYULUH PERTANIAN LAPANGAN SEBAGAI PENGGERAK EKONOMI DESA TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi di Desa Penantian Kecamatan Pulau Panggung Kabupaten Tanggamus). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of yoga skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pertanian merupakan sektor yang diunggulkan karena mata pencaharian penduduk Insonesia sebagian besar petani. Desa Penantian Kecamatan Pulau Panggung Kabuapten Tanggamus merupakan salah satu desa yang sangat berpotensi dalam sektor pertanian, tetapi para petani yang ada di Desa Penantian belum memanfaatkan potensi ini secara maksimal dikarenakan masih rendahnya pengetahuan para petani yang mengakibatkan masyarakat masih banyak yang bersifat tradisional. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana peran penyuluh pertanian lapangan sebagai penggerak ekonomi desa terhadap kesejahteraan masyarakat dalam prespektif ekomomi Islam studi kasus di Desa Penantian Kecamatan Pulau Panggung Kabupaten Tanggamus.tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran penyuluh pertanian lapangan sebagai penggerak ekonomi desa terhadap kesejahteraan masyarakat dalam prespektif ekomomi Islam studi kasus di Desa Penantian Kecamatan Pulau Panggung Kabupaten Tanggamus. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif penelitian ini termasuk penelitian lapangan. Sumber data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini 32 petani padi, dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 32 petani padi. Teknik pemgumpulan data menggunakan metode analisis data yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah peran penyuluh pertanian lapangan sudah sesuai dengan program penyuluhan pertanian yang mana produksi sudah berjalan secara efektif dan efesien sehingga pendapatan petani meningkat. Sedangkan Menurut prespektif ekonomi Islam tentang peran penyuluh pertanian lapangan sebagai penggerak ekonomi desa terhadap kesejahteraan masyarakat di Desa Penantian Kecamatan Pulau Panggung Kabupaten Tanggamus merupakan sebuah pembelajaran kepada masyarakat agar mereka dapat mencapai kehidupan yang lebih baik. Dengan hal ini maka setiap petani sudah dapat berusaha merubah dirinya menjadi petani yang lebih maju dan dapat memanfaatkan sumber daya yang ada. Dan dilihat dari prinsif- iv prinsif ekonomi Islam program penyuluh pertanian dalam hal ini telah berjalan berdasarkan prinsip tauhid prinsip bekerja atau produktifitas dan prinsip tolong menolong (ta’awun). Kata Kunci; Peran Penyuluh Pertanian, Lapangan, Penggerak, Kesejahteraan Masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jan 2022 06:53
Last Modified: 20 Jan 2022 06:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17254

Actions (login required)

View Item View Item