PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP UTAMA 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Siti, Aulia Khairunnisa (2022) PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP UTAMA 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI SITI AULIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Peneliti mengambil judul “Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Dalam Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Utama 2 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, dan pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik self management dalam mengurangi perilaku prokrastinasi akademik peserta didik kelas VIII di SMP Utama 2 Bandar Lampung. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research dan menggunakan design penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari responden mengenai pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik self management dalam mengurangi perilaku prokrastinasi akademik peserta didik kelas VIII di SMP Utama 2 Bandar Lampung, sedangkan data sekunder berupa dokumen�dokumen dari responden. Semua data tersebut merupakan bahan�bahan untuk mendeskripsikan konseling kelompok dengan teknik self management dalam mengurangi perilaku prokrastinasi akademik peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan bahwa: 1) perencanaan konseling kelompok dengan teknik self management dalam mengurangi perilaku prokrastinasi akademik yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling yaitu melakukan need assesment, berkolaborasi dengan guru mata pelajaran matematika, melihat data�data pribadi peserta didik, dan menyiapkan sarana dan prasarana serta RPL (Rencana Program Layanan). 2) Pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik self management dalam mengurangi perilaku prokrastinasi akademik yang dilakukan guru bimbingan dan konseling yaitu tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap inti dan tahap pengakhiran. Kemudian guru bimbingan dan konseling setelah melaksanakan konseling kelompok dengan teknik self management melakukan pemantauan melalui absensi dan pengumpulan tugas peserta didik setelah dilaksanakan layanan tersebut. Kata kunci: Konseling Kelompok, Teknik Self Management, Perilaku Prokrastinasi Akademik. iii ABSTRACT The author takes the title "Implementation of Group Counseling Services with Self Management Techniques in Reducing Academic Procrastination Behavior for Class VIII Students at SMP Utama 2 Bandar Lampung. This study aims to determine how the planning, and implementation of group counseling services with self-management techniques in reducing the academic procrastination behavior of class VIII students at SMP Utama 2 Bandar Lampung. This research is a qualitative research with the type of field research research and uses a qualitative descriptive research design. This research uses interview, observation and documentation data collection techniques. Primary data were obtained directly from respondents regarding the implementation of group counseling services with self-management techniques in reducing academic procrastination behavior of class VIII students at SMP Utama 2 Bandar Lampung, while secondary data were in the form of documents from respondents. All of these data are materials for describing group counseling with self-management techniques in reducing students' academic procrastination behavior. Based on the results of the research that has been carried out that: 1) planning group counseling with self-management techniques in reducing academic procrastination behavior carried out by guidance and counseling teachers, namely conducting need assessments, collaborating with mathematics subject teachers, viewing students' personal data, and prepare facilities and infrastructure as well as RPL (Service Program Plan). 2) Implementation of group counseling services with self-management techniques in reducing academic procrastination behavior by guidance and counseling teachers, namely the formation stage, transition stage, core stage and termination stage. Then the guidance and counseling teacher after carrying out group counseling with self�management techniques monitored through attendance and the collection of student assignments after the service was implemented. Keywords: Group Counseling, Self Management Techniques, Academic Procrastination Behavior

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jan 2022 04:02
Last Modified: 20 Jan 2022 04:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17246

Actions (login required)

View Item View Item