PENGARUH STRUKTUR MODAL, CAPITAL INTENSITY, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PAJAK PENGHASILAN BADAN TERUTANG (Studi Kasus Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Periode 2017-2019)

SAFIRA, RAUDHAH DANNASHA (2022) PENGARUH STRUKTUR MODAL, CAPITAL INTENSITY, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PAJAK PENGHASILAN BADAN TERUTANG (Studi Kasus Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Periode 2017-2019). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi SAFIRA RAUDHAH DANNASHA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tidak tercapainya target penerimaan pajak negara Indonesia tahun 2017 sampai tahun 2019 diduga karena adanya tindakan penghindaran pajak yang dilakukan oleh wajib pajak termasuk wajib pajak badan yang berbentuk Perseroan Terbatas (PT). Banyak faktor yang dapat mempengaruhi pajak penghasilan badan, dalam penelitian ini akan meneliti pengaruh dari struktur modal, capital intensity, dan ukuran perusahaan terhadap pajak penghasilan badan terutang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar pada Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) selama periode 2017-2019, dengan menggunakan metode pemilihan sampel purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 96 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi data panel dengan menggunakan aplikasi Eviews 10 dengan sumber data diperoleh dari laporan keuangan tahunan perusahaan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Struktur Modal (DER) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap PPh Badan Terutang. (2) Capital Intensity tidak berpengaruh terhadap PPh Badan Terutang. (3) Ukuran Perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap PPh Badan Terutang. (4) Struktur Modal, Capital Intensity, dan Ukuran Perusahaan berpengaruh secara simultan terhadap PPh Badan Terutang. (5) Penghindaran pajak ditinjau dari perspektif Islam merupakan suatu tindakan yang dzolim karena akan berpengaruh pada tidak maksimalnya penerimaan pendapatan negara, padahal penerimaan tersebut akan digunakan untuk kemaslahatan umat dalam bentuk pembangunan nasional. Oleh karena itu, sebagai umat muslim yang taat hendaknya patuh dalam memenuhi kewajiban pajaknya. Kata Kunci: Debt to Equity Ratio (DER), Capital Intensity (CINT), Ukuran Perusahaan (SIZE), Pajak Penghasilan (PPh) Badan Terutang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jan 2022 07:43
Last Modified: 19 Jan 2022 07:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17236

Actions (login required)

View Item View Item