PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERMUATAN NILAI�NILAI KARAKTER CERITA RAKYAT KELAS VI SD/MI

EKA, APRILIA MULYANI (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERMUATAN NILAI�NILAI KARAKTER CERITA RAKYAT KELAS VI SD/MI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (9MB)
[thumbnail of Skripsi Eka Aprilia Mulyani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi bahwa materi pembelajaran khususnya pembelajaran Bahasa Indonesia belum maksimal dengan muatan nilai-nilai karakter khususnya nilai-nilai karakter cerita rakyat. Adapun penggunaan bahan ajar masih menggunakan bahan ajar berupa buku Tema dan BUPENA, penggunaan modul pembelajaran belum pernah digunakan dalam proses pembelajaran. Hal tersebut yang mendorong untuk mengembangkan modul pembelajaran yang bermuatan nilai-nilai karakter cerita rakyat. Penelitian merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang dikembangkan Brog and Gall dan dibatasi dari sepuluh langkah menjadi tujuh langkah meliputi: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan informasi, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, dan 7) revisi produk. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang diberikan kepada ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa untuk melihat kevalidan modul, dan angket yang diberikan kepada pendidik dan peserta didik untuk melihat respon kemenarikan modul dan dihitung menggunakan skala Likert. Berdasarkan hasil penelitan didapatkan skor presentase ahli media sebesar 90% dengan kriteria sangat layak, ahli materi memperoleh skor presentase 93,33% dengan kriteria sangat layak, dan ahli media memperoleh skor presentase 86% dengan kriteria sangat layak. Pada uji coba pendidik menunjukkan skor presentase sebesar 92,66% dengan kriteria sangat menarik, uji coba peserta didik skala kecil memperoleh skor presentase 87,75% dengan kriteria sangat menarik, dan uji coba peserta didik skala besar memperoleh skor presentase 89,83% dengan kriteria sangat menarik. Hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran Bahasa Indonesia bermuatan nilai-nilai karakter cerita rakyat layak dan menarik untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Cerita Rakyat, Modul, Nilai-Nilai Karakter

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jan 2022 06:41
Last Modified: 19 Jan 2022 06:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17221

Actions (login required)

View Item View Item