PENGARUH EKSTRAK DAUN TANAMAN BIDARA (Ziziphus mauritiana) TERHADAP HISTOPATOLOGY HATI MENCIT (Mus musculus) YANG DIBERI ALKOHOL

MUHAMMAD, KHALID YUDHISTIRO (2022) PENGARUH EKSTRAK DAUN TANAMAN BIDARA (Ziziphus mauritiana) TERHADAP HISTOPATOLOGY HATI MENCIT (Mus musculus) YANG DIBERI ALKOHOL. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of CVR BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI YUDIS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Ekstrak Daun Tanaman Bidara (Ziziphus mauritiana) Terhadap Histopatology Hati Mencit (Mus musculus) Yang Diberi Alkohol Oleh : Muhammad Khalid Yudhistiro Alkohol merupakan senyawa organik yang mengandung gugus fungsi hidroksil dan sering dikonsumsi dalam bentuk minuman sebagian orang. Minuman alkohol banyak menimbulkan masalah dalam berbagai kesehatan yaitu salah satunya kerusakan hati. Tanaman bidara merupakan salah satu tanaman herbal yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit karena terdapat senyawa salah satunya fenolat. Masalah yang muncul sekarang adalah apakah pengaruh Ekstrak Daun Bidara (Ziziphus mauritinia) terhadap Histopatology Hati Mencit (Mus musculus) yang diberi Alkohol? tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Ekstrak Daun Bidara (Ziziphus mauritnia) terhadap Histopatology Hati Mencit (Mus musculus) yang diberi Alkohol. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimental post test only grup design dengan rancangan penelitian adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan teknik pengumpulan data yaitu berupa observasi dan dokumentasi serta dengan teknik analisis data adalah uji normalitas dilanjutkan dan uji homogenitas dilanjutkan dengan uji One Way ANOVA. Penelitian ini menggunakan dosis pemberian alkohol 70% dengan 1 ml/hari dan Ekstrak Daun Bidara 100 mg/kg BB, 150 mg/kg BB dan 200 mg/kg BB dengan dosis pemberian 0,5 ml/hari/ekor selama 14 hari penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat pengaruh Eksktrak Daun Bidara (Ziziphus maurinitia) terhadap Histopatology Hati Mencit (Mus musculus) yang diberi Alkohol. Hal ini dapat dilihat dari kerusakan yang terjadi diakibatkan Alkohol yaitu radang, nekrosis dan kongesti mengalami perbaikan saat pemberian Esktrak Daun Bidara (Ziziphus mauritnia) tersebut. Artinya penelitian yang telah dilakukan dapat menjawab semua rumusan masalah yang telah ditentukan. Kata Kunci : Alkohol, Ekstrak Daun Bidara (Ziziphus maurutnuia), Histopatology Hati Mencit (Mus musculus) , Mencit (Mus musculus)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jan 2022 04:14
Last Modified: 19 Jan 2022 04:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17212

Actions (login required)

View Item View Item