PENGEMBANGAN MODUL PENDIDIKAN PRAMUKA SD/MI BERDASARKAN NILAI-NILAI DASA DHARMA

TIRTA, VIRA DELLA (2022) PENGEMBANGAN MODUL PENDIDIKAN PRAMUKA SD/MI BERDASARKAN NILAI-NILAI DASA DHARMA. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1-bab2-bab5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi tirta fix.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berawal dari kurangnya sarana dan prasarana bahan ajar modul atau bahan ajar lainnya dalam proses pembelajaran maka perlu di kembangkan sebuah produk berupa bahan ajar modul nilai- nilai dasa dharma sebagai bahan ajar pembelajaran. Rumusan masalah yang terdapat dalam penelitian ini yaitu. (1) bagaimana proses pengembangan modul pendidikan pramuka SD/MI Berdasarkan nilai- nilai dasa dharma, (2) bagaimana respon peserta ddik terhadap kemenarikan modul nilai – nilai dasa dharma pramuka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat proses pengembangan bahan ajar modul untuk peserta didik kelas V SD/MI, untuk mengetahui tingkat kelayakan bahan ajar modul nilai –nilai dasa dharma pramuka untuk peserta didik kelas V SD / MI, untuk mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap bahan ajar modul pramuka berdasarkan nilai-nilai dasa dharma. Metode penelitian yang di gunakan peneliti adalah pengembangan atau Research and Development dengan model Borg and Gall yang meliputi 7 langkah yaitu, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain,uji coba produk, dan revisi produk. Uji kelayakan produk dilakukan oleh beberapa validator yaitu 2 ahli media, 2 ahli materi, 2 ahli bahasa, 2 pendidik kelas V dan uji coba lapangan pada peserta didik kelas V SD/MI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar modul mendapatkan nilai rata-rata persentase ahli materi 85.22% dengan kategori “sangat layak”, ahli media mendapatkan nilai rata-rata persentase sebesar 84.62% dengan kategori “layak” dan ahli bahasa mendaparkan nilai rata-rata dengan persentase 82.55% dengan kategori “layak”.dan respon peserta didik uji coba skala kecil memperoleh persentase 80% dengan kategori “layak”, dan uji coba skala besar memperoleh persentase keseluruhan sebesar 81,25% dengan kategori “sangat layak”. Berdasarkan hasil uraian diatas maka produk yang dikembangkan peneliti layak di gunakan sebagai bahan ajar pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan pengembangan bahan ajar modul yang berjudul nilai – nilai dasa dharma, membantu pendidik dan peserta didik memudahkan pembelajaran di sekolah dalam ekstrakulikuler pramuka. Kata Kunci : Bahan Ajar, Modul, Nilai-nilai Dasa Dharma

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jan 2022 03:00
Last Modified: 19 Jan 2022 03:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17197

Actions (login required)

View Item View Item