STRATEGI FUNDRAISING LEMBAGA DAARUT TAUHIID PEDULI (DT PEDULI) DALAM MENINGKATKAN MINAT MUZAKKI CABANG LAMPUNG, KOTA BANDAR LAMPUNG

MEGA, KHARISMA WATI (2022) STRATEGI FUNDRAISING LEMBAGA DAARUT TAUHIID PEDULI (DT PEDULI) DALAM MENINGKATKAN MINAT MUZAKKI CABANG LAMPUNG, KOTA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI MEGA KHARISMA WATI_1741030154.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi fundraising merupakan suatu rencana yang digunakan dalam penghimpunan dana pada badan atau lembaga amil zakat untuk memaksimalkan jumlah dana yang terhimpun. Tujuan dari strategi fundraising yaitu untuk mencapai sasaran dalam memaksimalkan dana akat agar tujuan dari badan atau lembaga zakat dapat tercapai. Banyaknya lembaga zakat saat ini, membuat persaingan yang sangat ketat antar badan atau lembaga zakat. Oleh karena itu, tiap badan atau lembaga zakat perlu memiliki dan memperhatikan strategi dalam mencapai tujuannya, karena dengan adanya strategi maka badan atau lembaga zakat tersebut dapat lebih unggul dari yang lain. Selain itu, masih banyaknya orang yang belum sadar tentang kewajiban berzakat akan menjadikan suatu kendala bagi lembaga dalam menghimpun dana zakat secara maksimal, maka tiap badan dan lembaga zakat juga perlu memiliki strategi fundraising agar masyarakat sadar tentang pentingnya berzakat dan mau untuk melaksanakan zakat karena semakin banyak jumlah muzakki maka akan semakin banyak dana yang terhimpun. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang diperkuat dengan kumpulan data yang diperoleh peneliti melalui metode wawancara, observasi, dokumentsi dan analisis data. Data primer pada penelitian ini diperoleh langsung oleh penulis dari responden yaitu kepala lembaga DT Peduli cabang Lampung dan sebagian staf fundraising. Sedangkan data skunder berupa teori-teori dan norma hukum serta data penunjang lainnya diperoleh dari kepustakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas strategi fundraising yang ada di lembga Daarut Tauhiid Peduli (DT Peduli) Kota Bandar Lampung. Data yang diperoleh akan menjadi informasi untuk mendeskripsikan strategi fundraising yang digunalan lembaga Daarut Tauhiid Peduli (DT Peduli) Kota Bandar Lampung. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu Lembaga Daarut Tauhiid Peduli Cabang Lampung, Kota Bandar Lampung memiliki strategi fundraising yang cukup baik sehingga mampu meningkatkan minat muzakki. Lembaga DT Peduli Kota Bandar Lampung senantiasa meningkatkan pelayanan dalam penghimpunan dana zakat agar mempermudah muzakki dalam menunaikan zakat. strategi fundraising ii yang dilakukan oleh lembaga DT Peduli cabang Lampung cukup mempengaruhi peningkatan muzakki. Strategi fundraising yang selama ini dilakukan oleh lembaga DT Peduli yaitu dengan meningkatkan program-program fundrising agar muzakki merasakan kemudahan dalam membayarkan zakatnya, seperti muzakki dapat mengantar langsung ke lembaga, jemput zakat, transfer, bahkan dapat dilakukan melalui aplikasi. Tujuannya yaitu agar menarik minat muzakki dan lembaga dapat menghimpun dana zakat secara maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jan 2022 04:14
Last Modified: 18 Jan 2022 04:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17183

Actions (login required)

View Item View Item