PERAN KOMPETENSI PROFESIONA L GURU DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG

Sakdiyah, S (2017) PERAN KOMPETENSI PROFESIONA L GURU DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB_I_Sakdiyah.pdf] PDF
Download (142kB)
[thumbnail of BAB_2_Sakdiyah.pdf] PDF
Download (228kB)
[thumbnail of BAB_3_Sakdiyah.pdf] PDF
Download (91kB)
[thumbnail of BAB_4_Sakdiyah_ok.pdf] PDF
Download (2kB)
[thumbnail of BAB_5_Sakdiyah.pdf] PDF
Download (48kB)
[thumbnail of Halaman_Sampul.pdf] PDF
Download (400kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] PDF
Download (112kB)

Abstract

Peran kompetensi profesional guru sangat penting dalam melaksanakan proses dalam belajar mengajar dan dalam mencapai tujuan pendidikan. Profesional 4 ini dirasakan sangat penting karena sering dikaitkan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kompetensi profesional guru memiliki kaitan yang sangat erat dan saling mempengaruhi proses pencapaian tujuan pendidikan. Pengajaran yang efektif adalah pengajaran yang menyediakan kesempatan belajar sendiri atau melakukan aktivitas sendiri, yang mana siswa belajar sambil bekerja. Guru di MIN 9 Bandar Lampung sering menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan disesuaikan dengan materi yang diajarkan. Karena dengan penggunaan metode yang bervariasi dapat meningkatkan gairah siswa dalam belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana peran kompetensi profesional guru dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di MIN 9 Bandar Lampung?”. Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui peran kompetensi profesional guru dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di MIN 9 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode analisa deskriptif kualitatif, yaitu analisa yang menekankan pada makn, penalaran, definisi suatu situasi tertentu serta menggambarkan apa adanya mengenai perilaku obyek yang sedang diteliti. Alat pengupul data yang digunakan adalah interview, observasi dan dokumentasi. Adapun dalam pengambilan kesimpulan menggunakan pendekatan berfikir deduktif yaitu pemikiran yang berangkat dari fakta-fakta atau peristiwa-peristiwa umum kemudian dari fakta-fakta yang umum tersebut ditarik generalisasi-generalisasi yang mempunyai sifat khusus. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Peran kompetensi profesional guru di MIN 9 Bandar Lampung teridentifikasi dalam menerapkan landasan kependidikan, menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi; menggunakan berbagai alat, media dan sumber belajar yang relevan; mengorganisasikan dan melaksanakan program pembelajaran; melaksanakan evaluasi hasil belajar siswa. Efektivitas pembelajaran di MIN 9 Bandar Lampung dengan indikator pengorganisasian materi yang baik, komunikasi yang efektif, penguasaan dan antusiasme terhadap materi pelajaran, sikap positif terhadap siswa, pemberian nilai yang adil, keluwesan dalam pendekatan pembelajaran dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan adanya peran kompetensi profesional guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 27 Oct 2017 06:44
Last Modified: 27 Oct 2017 06:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1718

Actions (login required)

View Item View Item