PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA KELAS VII SMP/MTs PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL BERNUANSA ISLAM DILENGKAPI RUMUS CEPAT

UMI, AFIFAH (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA KELAS VII SMP/MTs PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL BERNUANSA ISLAM DILENGKAPI RUMUS CEPAT. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI UMI AFIFAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul pembelajaran matematika bernuansa islam dilengkapi rumus cepat pada materi aritmatika sosial. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE dengan tahapan Analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Berdasarkan validasi ahli materi diperoleh skor 3,80, ahli media diperoleh skor 3,82, ahli agama diperoleh skor 3,79 dengan demikian produk yang dikembangkan dinyatakan valid/sangat layak untuk digunakan. Setelah dilakukan validasi produk ke dosen ahli kemudian produk diuji cobakan dengan peserta didik. Respon peserta didik terhadap modul yang dikembangkan dalam uji coba skala kecil mendapatkan skor 3,43 dan dalam uji coba skala besar mendapat skor 3,54 dengan kriteria “sangat menarik”. Penilaian uji efektivitas mendapatkan skor uji effect size sebesar 0,43 dengan kategori sedang dan efektif untuk digunakan saat pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan memiliki kriteria valid, sangat menarik, dan efektif untuk digunakan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran matematika. Kata kunci: Bahan Ajar Matematika, Aritmatika Sosial, Nuansa Islam, Rumus Cepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jan 2022 03:12
Last Modified: 18 Jan 2022 03:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17171

Actions (login required)

View Item View Item