PENGARUH PENGETAHUAN DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PADA NASABAH MEMILIH ASURANSI UNIT SYARIAH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Asuransi Syariah Takaful Keluarga Cabang Bengkulu)

AYU, SAFITRI SUDARIANTO (2022) PENGARUH PENGETAHUAN DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PADA NASABAH MEMILIH ASURANSI UNIT SYARIAH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Asuransi Syariah Takaful Keluarga Cabang Bengkulu). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI AYU SAFITRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah pengaruh pengetahuan dan word of mouth terhadap keputusan pada nasabah memilih asuransi unit syariah dalam perspektif ekonomi Islam (studi kasus asuransi syariah Takaful Keluarga cabang Bengkulu). Pengetahuan masyarakat kota Bengkulu terhadap asuransi syariah Takaful Keluarga tingkat pengetahunya kurang hal itu di buktikan dengan jumlah perbandingan masyarakat kota Bengkulu dengan jumlah nasabah asuransi hanya sekitar 6,1% yang menjadi nasabah di asuransi Takaful Keluarga cabang Bengkulu. Hal tersebut di perjelas dengan hasil survei sementara banyak masyarakat kota Bengkulu yang masih belum mengetahui tentang asuransi Takaful Keluarga baik dari produk, prinsip dan akad yang ada dilembaga tersebut. Sedangkan untuk word of mouth banyak yang tidak merekomendasikan asuransi Takaful Keluarga hal tersebut dikarenakan pelayanan asuransi masih sangat terbatas, lambatnya proses klaim asuransi dan juga biaya asuransi jauh lebih mahal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh nasabah Asuransi Takaful Keluarga Cabang Bengkulu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik non�probability sampling. Jumlah nasabah yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu 70 nasabah Asuransi Takaful Keluarga Cabang Bengkulu. Data yang diolah adalah data primer yang diperoleh peneliti melalui penyebaran kuesioner kepada responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukan bahwa hipotesis di dukung, yaitu terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengetahuan dan word of mouth terhadap keputusan pada nasabah memilih asuransi unit syariah ( studi kasus asuransi syariah Takaful Keluarga cabang Bengkulu). Keputusan dalam Perspektif Ekonomi Islam sudah sesuai dengan ketentuan syariah. Kata kunci : Pengetahuan, word of mouth, keputusan nasabah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:34
Last Modified: 17 Jan 2022 07:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17163

Actions (login required)

View Item View Item