Santoso, Yulis (2017) Upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan minat belajar mata pelajaran pendidikan agama islam pada peserta didik kelas VII di Smp Negri 2 Adiluwih Pringsewu. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (618kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (7MB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (100kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (167kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (328kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (157kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (242kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (105kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (95kB) | Preview |
Abstract
Guru sangat berperan penting dalam meningkatkan minat belajar peserta didik yaitu berusaha semaksimal mungkin agar peserta didik memiliki minat belajar yang tinggi terhadap semua pelajaran. Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Adiluwih telah melakukan berbagai usaha dalam rangka meningkatkan minat belajar peserta didiknya, namun upaya tersebut kurang optimal terhadap prestasi belajar peserta didik dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam, sehingga rumusan masalah yang dirumuskan adalah “Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Adiluwih dan Apa saja faktor penyebab upaya tersebut belum berhasil”? Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Adiluwih dan faktor penyebab upaya tersebut belum berhasil. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam, kepala sekolah dan seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Adiluwih yang berjumlah 172 peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode kombinasi. Alat pengumpulan data yaitu metode kuesioner, interview, observasi dan dokumentasi. Adapun dalam pengambilan kesimpulan menggunakan pendekatan berfikir deduktif yaitu pemikiran yang berangkat dari fakta-fakta atau peristiwa-peristiwa umum kemudian dari fakta-fakta yang umum tersebut ditarik generalisasi-generalisasi yang mempunyai sifat khusus. Data dianalisis melalui beberapa langkah analisis seperti editing, klarifikasi, dan tabulasi. Dengan menggunakan metode tersebut dapat disimpulkan bahwa upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 2 Adiluwih kurang optimal. Upaya tersebut meliputi menyampaikan tujuan pembelajaran, guru antusias memberikan materi, menciptakan suasana yang menyenangkan, mengusahakan peserta didik turut aktif, memberikan tugas sesuai dengan materi yang disampaikan, memberikan hukuman yang mendidik. Faktor penghambat upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar adalah kurangnya guru memberi apresiasi kepada peserta didik, guru kurang maksimal dalam melakukan evaluasi, suasana bersaing belum terlihat, guru belum mampu menumbuhkan hasrat belajar, guru kurang menggunakan metode bervariasi dan guru kurang memanfaatkan media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama islam |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Rohai Inah Indrakasih |
Date Deposited: | 27 Oct 2017 03:55 |
Last Modified: | 27 Oct 2017 03:55 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1715 |
Actions (login required)
View Item |