BIMBINGAN KARIR DALAM MENINGKATKAN HARD SKILL SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-HIDAYAT GERNING KECAMATAN TEGINENENG KABUPATEN PESAWARAN

KHAFIDATUS, SA’DIYAH (2022) BIMBINGAN KARIR DALAM MENINGKATKAN HARD SKILL SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-HIDAYAT GERNING KECAMATAN TEGINENENG KABUPATEN PESAWARAN. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KHAFIDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Bimbingan karir adalah pemberian bimbingan kepada santri sebagai pembekalan dan mengembangan keterampilan-keterampilan sehingga yang bersangkutan dapat menentukan karir yang hendak di pilih. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan bibingan karir dalam meningkatkan hard skill santri di pondok pesantren Al- Hidayat Gerning Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dalam bentuk penelitain lapangan (field research), yang bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer yaitu 1 ustadz pimpinan pesantren, 4 pembimbing karir, dan 6 santri yang berusia 16-17, yang sudah berada di pesantren selama 6 tahun atau 3 tahun, lebih tepatnya santri yang akan lulus Aliyah, dan sumber data sekunder yaitu dokumentasi atau data dokumenter. Tenik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dangan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang telah di dapat kemudian dianalisis melalui analisis data dengan 3 tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat dilihat ada 5 tahap dalam pelaksanaan bimbingan karir dalam meningkatkan skill. Pertama pembukaan, di tahap ini pembimbing membuka kegiatan bimbingan karir dengan mengucap salam, menyapa, mengajak berkenalan dan menyampaikan tujuan bimbingan karir. Kedua pembentukan kelompok, di tahap pembentukan klompok ini pembimbing membentuk 3 klompok, untuk mengikuti bimbingan karir dengan metode pelatihan tataboga, make over, dan pelatihan kejuruan. Ketiga menyampaikan materi, penyampean materi di sampaikan tentang teori di bidang tataboga, make over, dan pelatihan multimedia. Keempat praktek, pembimbing mencontohkan untuk mempraktekan terlebih dahulu setelah memberikan materi, dan kelima evaluasi, merupakan usaha untuk menilai efesiensi dan efektivitas pelayanan itu sendiri demi peningkatan mutu progam bimbingan karir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jan 2022 06:27
Last Modified: 17 Jan 2022 06:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17148

Actions (login required)

View Item View Item