PENGARUH RECEIVABLE TURN OVER, ASSETS TURN OVER DAN VALUE ADDED HUMAN CAPITAL TERHADAP RETURN ON ASSETS (Studi Pada Bank Umum Syariah di Indonesia Yang Terdaftar di OJK Periode 2014-2020)

Dian, Estu Rahayu (2022) PENGARUH RECEIVABLE TURN OVER, ASSETS TURN OVER DAN VALUE ADDED HUMAN CAPITAL TERHADAP RETURN ON ASSETS (Studi Pada Bank Umum Syariah di Indonesia Yang Terdaftar di OJK Periode 2014-2020). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI DIAN ESTU RAHAYU.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perbankan syariah merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa. Oleh karena itu, kepercayaan masyarakat sangat penting untuk kelancaran usaha dan perlu didukung dengan kinerja bank yang baik. Perusahaan harus memberikan value kepada masyarakat lingkungan sekitar bank itu sendiri agar nilai perusahaan bank semakin lebih baik di mata para pemegang saham, masyarakat dan nasabah pada bank itu sendiri. Dalam hal ini investor perlu menggunakan berbagai pertimbangan untuk menilai jenis keuntungan. Para investor perlu melakukan berbagai pertimbangan untuk menilai perusahaan yang layak untuk dijadikan tempat berinvestasi dan dapat memberikan keuntungan yang optimal. Salah satunya yaitu dengan melakukan analisis fundamental dengan rasio yang digunakan yaitu Return On Assets (ROA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh receivable turn over, assets turn over dan value added human capital terhadap return on assets pada bank umum syariah di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang berupa laporan keuangan masing-masing bank umum syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan pada periode penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh bank umum syariah yang terdaftar di OJK periode 2014-2020, sedangkan sampel diambil dengan menggunakan teknik puposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu sehingga diperoleh 11 perusahaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode regresi data panel. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) receivable turn over tidak berpengaruh positif terhadap return on assets; (2) assets turn over tidak berpengaruh positif terhadap return on assets; (3) value added human capital berpengaruh positif terhadap return on assets; (4) receivable turn over, assets trun over dan value added human capital secara simultan berpengaruh terhadap return on assets. Kata kunci: Receivable Turn Over, Assets Turn Over, Value Added Human Capital, Return On Assets

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:43
Last Modified: 17 Jan 2022 04:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17142

Actions (login required)

View Item View Item