Upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan minat belajar si Smp N 2 Pagar dewa Kabupaten Tulang Bawang Barat

Pebriansyah, Pebriansyah (2017) Upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan minat belajar si Smp N 2 Pagar dewa Kabupaten Tulang Bawang Barat. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
PDF
Download (569kB) | Preview
[thumbnail of Halaman_Depan.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
PDF
Download (22kB) | Preview
[thumbnail of Bab_I.pdf]
Preview
PDF
Download (149kB) | Preview
[thumbnail of Bab_II.pdf]
Preview
PDF
Download (366kB) | Preview
[thumbnail of Bab_III.pdf]
Preview
PDF
Download (116kB) | Preview
[thumbnail of Bab_IV.pdf]
Preview
PDF
Download (183kB) | Preview
[thumbnail of Bab_V.pdf]
Preview
PDF
Download (91kB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (39kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agama Islam sangat penting bagi siswa di mana pertumbuhan dan perkembangan siswa sangat memerlukan tuntunan, bimbingan, binaan dan dorongan serta pengarahan agar anak nantinya dapat menguasai berbagai nilai- nilai dalam pendidikan agama Islam dan mengamalkan ajaran Islam secara baik dan benar. Meningkatkan minat belajar peserta didik dalam belajar adalah merupakan tugas pokok dan utama bagi seorang guru, karena seorang guru mempunyai pengaruh yang besar dalam menentukan keberhasilan belajar anak. Berprofesi sebagai guru mengandung tantangan, karena di satu pihak harus ramah, sabar, menunjukkan pengertian, memberikan kepercayaan dan menciptakan suasana aman. Di lain pihak harus memberikan tugas, mengadakan koreksi, mendorong peserta didik agar mencapai tujuan belajar, menegur dan menilai. Berdasarkan pendapat di atas dapat dipahami bahwa dalam kegiatan belajar mengajar peranan guru sangat penting, guru sebagai pembimbing dalam kegiatan belajar harus mampu membantu siswanya dalam mencapai tujuan belajar. Salah satu peranan guru yang sangat dominan adalah meningkatkan minat belajar peserta didik sehingga peserta didik akan merasa senang, semangat dan aktif dalam mengikuti pelajaran yang sedang dihadapinya dengan demikian tujuan belajar akan dapat mencapai dengan baik. Sebagai pedoman dan panduan dalam kegiatan belajar peserta didik. Tujuan yang jelas dan tepat dapat membimbing peserta didik dalam melaksanakan aktivitas belajar. Sehubungan dengan itu, pendidik juga dapat merencanakan dan mempersiapkan tindakan apa saja yang dilakukan untuk membantu peserta didik belajar. Tujuan pembelajaran dapat membantu dalam mendesain sistem pembelajaran. Artinya dengan tujuan yang jelas dapat membantu pendidik dalam menentukan materi pelajaran, metode atau strategi pembelajaran, alat, media dan sumber belajar, serta dalam menentukan dan merancang alat evaluasi untuk melihat keberhasilan belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 27 Oct 2017 03:43
Last Modified: 27 Oct 2017 03:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1714

Actions (login required)

View Item View Item