UPAYA GURU DALAM MENGENALKAN HURUF HIJAIYAH MELALUI METODE IQRA DI TK TERATAI SUKARAME BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 1443 H / 2021 M

Heni, Anggraini (2022) UPAYA GURU DALAM MENGENALKAN HURUF HIJAIYAH MELALUI METODE IQRA DI TK TERATAI SUKARAME BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 1443 H / 2021 M. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI HENI BARU.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Guru memiliki tugas yang beragam yang berimplementasi dalam bentuk pengabdian salah satunya yaitu tugas guru sebagai profesi meliputi mendidik, mengajar, dan melatih. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimana upaya guru pencegahan (preventif), upaya pengembangan, dan upaya penyembuhan dalam mengenalkan huruf hijaiyah melalui metode iqra di TK Teratai Sukarame Bandar Lampung?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru pencegahan (preventif), upaya pengembangan, dan upaya penyembuhan dalam mengenalkan huruf hijaiyah melalui metode iqra di TK Teratai Sukarame Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah 12 orang peserta didik dan guru kelas B di TK Teratai Sukarame Bandar Lampung. teknik pengumpul data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara serta dokumentasi. Dengan teknik analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya guru dalam mengenalkan huruf hijaiyah melalui metode iqra dilaksanakan dengan optimal. Dari pengamatan tersebut terdapat 3 anak mulai berkembang, 7 anak berkembang sesuai harapan dan 2 anak berkembang sangat baik. Adapun upaya guru mengenalkan huruf hijaiyah melalu metode iqra yaitu dengan cara (1) upaya guru melakukan pencegahan yaitu dengan cara memberikan pemahaman dan bimbingan, (2) upaya guru melakukan pengembangan dengan cara menyiapkan media pembelajaran atau bahan ajar, berdo‟a sebelum kegiatan, bernyanyi islam dan materi penunjang iqra, guru memberikan contoh bacaan dan peserta didik menirukannya, anak melihat gerak gerik bibir guru dan sebaliknya guru melihat gerak gerik bibir anak, menulis huruf hijaiyah,dan guru mengajukan pertanyaan�pertanyaan kemudian anak menjawab. (3) upaya guru melakukan penyembuhan yaitu dengan cara memberikan motivasi dan kesempatan kepada anak. Kata Kunci : Upaya Guru dan Metode Iqra

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jan 2022 03:48
Last Modified: 14 Jan 2022 03:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17117

Actions (login required)

View Item View Item