PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN FIQIH DI MI MATHLA’UL ANWAR SINAR GADING

DWI, AGUSTIANA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN FIQIH DI MI MATHLA’UL ANWAR SINAR GADING. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI DWI AGUSTIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran fiqih di MI Mathla‟ul Anwar Sinar Gading. Masalah dalam penelitian guru kurang menerapkan model pembelajaran yang bervariasi sehingga masih banyak peserta didik yang mendapatkan nilai rendah. Jenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif Quasi Eksperimen Design. Penelitian dilaksanakan di MI Mathla‟ul Anwar sinar Gading dengan populasi seluruh peserta didik kelas I-VI, dengan sampel 20 peserta didik kelas VA dan 20 peserta didik kelas VB. Teknik pengambilan sampel yaitu Cluster Random Sampling teknik ini menghendaki adanya kelompok-kelompok dalam pengambilan sampel berdasarkan atas kelompok-kelompok yang ada pada populasi. Penelitian menggunakan dua kelas yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dan kelas VB sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran The Power Of Two. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa pretest-postest ranah kognitif menggunakan beberapa tahap yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis, semua menggunakan alat bantu hitung pada program Microsoft Excel Windows 2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada hasil belajar ranah kognitif peserta didik kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dibanding kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran The Power Of Two. Berdasarkan hasil posttest ranah kognitif kelas eksperimen dengan bantuan program Microsoft Excel Windows 2007 mendapat nilai rata-rata 9,60 dan kelas kontrol 7,40. Data skor tes peserta didik dianalisis dengan menggunakan teknik uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu thitung = 2,46 dan ttabel = 2,02 pada soal pilihan ganda maka pada taraf signifikan H0 ditolak dan H1 diterima. Berarti rata-rata skor kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih di MI Mathla‟ul Anwar Sinar Gading. Kata Kunci : Model Pembelajaran Quantum Teaching, Hasil Belajar, Fiqih

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Jan 2022 04:16
Last Modified: 13 Jan 2022 04:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17095

Actions (login required)

View Item View Item