PENGARUH PANDEMI VIRUS CORONA TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Farmasi di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2020)

MUHAMMAD, HAFIDZ ALKASHFI (2022) PENGARUH PANDEMI VIRUS CORONA TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Farmasi di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2020). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pandemi covid-19 tak sekadar mempengaruhi sisi kesehatan warga dunia. Wabah ini ikut menggerus perekonomian global dan merembet hingga ke Indonesia. Selain berimbas kepada nilai tukar, covid-19 juga berdampak kepada penurunan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang akhirnya terjun bebas. Semua berada di luar prediksi dan bukan hal yang mudah untuk dikendalikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk mengetahui pengaruh virus corona terhadap return saham perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, serta dampak virus corona terhadap return saham perusahaan farmasi pada Bursa Efek Indonesia ditinjau dalam perspektif Islam. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan sumber data primer yang bersumber dari laporan keuangan perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dan diolah dengan program Eviews 9. Hasil dari penelitian ini adalah, Pandemi Covid 19 berpengaruh positif signifikan terhadap Return Saham. Artinya, Pandemi covid-19 tak sekadar mempengaruhi sisi kesehatan warga dunia. Wabah ini ikut menggerus perekonomian global dan merembet hingga ke Indonesia. Selain berimbas kepada nilai tukar, covid-19 juga berdampak kepada penurunan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang akhirnya terjun bebas. Dalam perspektif ekonomi Islam, hal ini merupakan resiko yang harus dihadapi dalam berinvestasi. Transaksi-transaksi bisnis yang demikian diperbolehkan dalam Islam sepanjang dasar fondasinya tidak bertentangan dengan syariah dan unsur-unsur dalam transaksi tersebut bebas dari unsur-unsur yang dilarang misalnya riba, judi, atau gharar/ketidakpastian. Kata Kunci : Pengaruh, Pandemi, Virus Corona, Return Saham

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jan 2022 07:24
Last Modified: 12 Jan 2022 07:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17080

Actions (login required)

View Item View Item