ANALISIS PENGARUH PENGETAHUAN, RELIGIUSITAS, DAN PROMOSI TERHADAP MINAT PETANI MENGGUNAKAN PEMBIAYAAN SYARIAH ( Study Kasus Pada Petani Desa Campang Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus)

Final, Rifaldi (2022) ANALISIS PENGARUH PENGETAHUAN, RELIGIUSITAS, DAN PROMOSI TERHADAP MINAT PETANI MENGGUNAKAN PEMBIAYAAN SYARIAH ( Study Kasus Pada Petani Desa Campang Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI_Final Rifaldi_1651020433.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan studi empiris untuk mengetahui minat petani Desa Campang Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus untuk memilih pembiayaan dalam perspektif ekonomi islam. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana pengaruh pengetahuan, religiusitas, promosi terhadap minat petani desa campang dalam memilih pembiayaan secara parsial?; (2) Bagaimana pengaruh pengetahuan, religiusitas, promosi terhadap minat petani desa campang dalam memilih pembiayaan secara simultan?; (3) Bagaimana pengaruh pengetahuan, religiusitas, promosi terhadap minat petani desa campang dalam memilih pembiayaan dalam pandangan perspektif islam?. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode analisis yang digunakan yaitu Analisis Regresi Linear Berganda untuk memverifikasi pengaruh pengetahuan, religiusitas, dan promosi yang terhadap minat petani Desa Campang Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus untuk memilih pembiayaan dalam perspektif ekonomi islam. Data yang digunakan merupakan data primer yang berasal dari penyebaran kuesioner kepada petani yang menggunakan pembiayaan dengan jumlah 83 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pengetahuan, religiusitas, dan promosi secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat petani untuk memilih pembiayaan dalam perspektif ekonomi islam. Pandangan ekonomi islam memperbolehkan pembiayaan namun harus berpedoman pada syariat islam dalam praktiknya dan wajib menjauhi seperti riba, maysir, dan gharar yang dilarang oleh agama. Kata Kunci: pengetahuan, religiusitas, promosi, minat memilih pembiayaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jan 2022 07:20
Last Modified: 12 Jan 2022 07:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17079

Actions (login required)

View Item View Item