PENERAPAN METODE AL-BARQY DALAM MENINGKATAN KELANCARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ HASANUDDIN KUPANG TEBA BANDAR LAMPUNG

M. ADITYA, RIZALDI (2022) PENERAPAN METODE AL-BARQY DALAM MENINGKATAN KELANCARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ HASANUDDIN KUPANG TEBA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI_M. ADITYA RIZALDI_1511010296.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penulisan ini di latar belakangi oleh adanya kecendrungan pendidik menggunakan metode iqro dalam proses pembelajaran Al�Qur‟an sehingga hasil belajar peserta didik belum maksimal. Dengan kata lain kegiatan pembelajaran kurang variatif sehingga terdampak pada hasil belajar yang masih rendah dan kurangnya antusiasme peserta didik terhadap Membaca Al-Qur‟an. oleh karena itu melalui penerapan Metode Al-Barqy yang diharapkan dapat mampu membantu mengoptimalkan dalam hal meningkatkan membaca Al�Qur‟an. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Menerapkan metode Al-barqy di TPQ hasanuddin, kupang teba, Bandar lampung dapat meningkatkan kelancaran membaca Al-Qur‟an”? Teori di dalam penelitian ini yaitu Metode Al-barqy sebuah metode anti lupa yg dapat mengaktifkan peserta didik sejak dimulainya awal pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an melalui Metode Al-Barqy yang dapat mengajak peserta didik menjadi lebih aktif dan lebih cepat dalam hal membaca Al-Qur‟an. Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Urutan kegiatan penelitian ini terdiri dari 4 tahapan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam pengumpulan data, penulis mengunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, pengukuran tes pada setiap siklus. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan penerapan Metode AL�Barqy meningkatkan kelancaran membaca Al-Qur‟an. Hal ini terlihat berdasarkan hasil belajar Pra Siklus peserta didik yang sebesar (32%) meningkat menjadi (72%) pada Siklus I, dan pada Siklus II mengalami peningkatan sebesar (84%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode Al-Barqy dapat meningkatkan kelancaran membaca Al-Qur‟an di TPQ Hasanuddin kupang teba Bandar Lampung. Dengan demikian target yang ingin dicapai oleh peneliti minimal 80% sudah tercapai, maka penelitian dianggap selesai. Kata Kunci: Metode Al-Barqy, Meningkatkan Membaca Al-Qur‟an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:30
Last Modified: 12 Jan 2022 03:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17068

Actions (login required)

View Item View Item