Eksperimentasi Konseling Individual Dengan Teknik Modeling Terhadap Interaksi Sosial Peserta Didik Di SMP Negeri 3 Way Pengubuan Tahun Ajaran 2020/2021

Talitha, Gryta Vania (2022) Eksperimentasi Konseling Individual Dengan Teknik Modeling Terhadap Interaksi Sosial Peserta Didik Di SMP Negeri 3 Way Pengubuan Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI TALITHA GRYTA VANIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Interaksi sosial merupakan hubungan interaktif dimana seseorang dapat mempelajari kemampuan sosial dan kultural yang menjadikan sebagai hubungan timbal balik antar teman sebaya, keluarga, guru sehingga terjadinya suatu komunikasi dimana hubungan interaksi sosial yang baik dan tercapainya interaksi sosial yang efektif. Seperti yang dialami oleh salah satu peserta didik kelas VII di SMP Negeri 3 Way Pengubuan. Dengan demikian, peneliti akan melakukan penelitian tentang eksperimentasi konseling individu dengan teknik Modeling untuk meningkatkan interaksi sosial peserta didik kelas VII di SMP Negeri 3 Way Pengubuan. Maka peneliti akan membuktikan apakah eksperimentasi konseling individu dengan teknik Modeling dapat meningkatkan interaksi sosial peserta didik kelas VII di SMP Negeri 3 Way Pengubuan ? Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa konseling individu dengan teknik modeling dapat meningkatkan interaksi sosial peserta didik kelas VII di SMP Negeri 3 Way Pengubuan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode Single Subject Research. Dimana peneliti mepmperoleh data sekunder didapatkan dari proses penelitian berlangsung dengan 3 tahapan. Tahapan pertama peneliti melakukan baseline A1, kemudian peneliti memberikan perlakuan atau intervensi B, dan terakhir baseline A2. Hasil menunjukkan adanya perubahan dengan peningkatan interaksi sosial yang ditunjukkan oleh NB. Pada fase baseline A1, terlihat interaksi sosial NB tidak efektif. Pada fase intervensi B, diberikan perlakuan dengan tahap-tahap teknik modeling yang menunjukkan hasil peningkatan interaksi sosial pada NB . Kemudian diberikan pengamatan kembali pada fase baseline A2 tanpa diberikannya intervensi dan menunjukkan hasil yang efektif . Berdasarkan hal tersebut, maka dapat dinyatakan bahwa interaksi sosial pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 3 Way Pengubuan dapat ditingkatkan dengan menggunakan teknik modeling. Kata kunci : Konseling Individu, Modeling, Interaksi Sosial

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:20
Last Modified: 12 Jan 2022 03:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17065

Actions (login required)

View Item View Item