ANALISIS PENGARUH SERTIFIKAT BANK INDONESIA SYARIAH (SBIS), JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII), NILAI TUKAR RUPIAH, INFLASI DAN INDEX HARGA SAHAM GABUNGAN TERHADAP NILAI AKTIVA BERSIH REKSA DANA SYARIAH (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Syariah Periode 2015-2019)

Restika, BAINAL HAKIM (2022) ANALISIS PENGARUH SERTIFIKAT BANK INDONESIA SYARIAH (SBIS), JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII), NILAI TUKAR RUPIAH, INFLASI DAN INDEX HARGA SAHAM GABUNGAN TERHADAP NILAI AKTIVA BERSIH REKSA DANA SYARIAH (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Syariah Periode 2015-2019). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi_Restika_1751020099.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan reksa dana syariah baik secara positif maupun negatif, variabel yang bisa digunakan yaitu nilai aktiva bersih. Nilai aktiva bersih merupakan harga beli atau harga jual unit penyertaan reksa dana syariah. Nilai aktiva bersih dihitung dengan menjumlahkan seluruh nilai masing�masing efek yang dimiliki dan dikurangi dengan biaya-biaya hutang dari kegiatan operasional yang masih wajib dibayarkan. Dan variabel yang diperkirakan bisa mempengaruhi nilai aktiva bersih reksa dana syariah yaitu sertifikat bank indonesia syariah, jakarta islamic index, nilai tukar rupiah, inflasi dan index harga saham gabungan. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Objek pada penelitian ini mencangkup 7 reksa dana saham syariah. Data sertifikat bank indonesia syariah, nilai tukar rupiah dan inflasi di peroleh dari website resmi bank indonesia, data jakarta islamic index, index harga saham gabungan di peroleh dari website resmi dunia investasi dan data nilai aktiva bersih di peroleh dari website resmi PT indo primer sekuritas. Hasil dari penelitian ini secara uji parsial yaitu variabel jakarta islamic index, nilai tukar rupiah dan index harga saham gabungan berpengaruh terhadap nilai aktiva bersih reksa dana syariah sedangkan variabel sertifikat bank indonesia syariah dan inflasi tidak berpengaruh terhadap nilai aktiva bersih reksa dana syariah. Sedangkan hasil dari uji simultan sertifikat bank indonesia syariah, jakarta islamic index, nilai tukar rupiah, inflasi dan index harga saham gabungan berpengaruh terhadap nilai aktiva bersih reksa dana syariah. Kata kunci: NAB Reksa Dana Saham Syariah, Sertifikat Bank Indonesia Syariah (SBIS), Jakarta Islamic Index (JII), Nilai Tukar Rupiah, Inflasi Dan Index Harga Saham Gabungan (IHSG)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jan 2022 02:22
Last Modified: 12 Jan 2022 02:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17062

Actions (login required)

View Item View Item