ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK BERMUATAN SAINS DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PADA KURIKULUM 2013 PESERTA DIDIK KELAS VC DI MIMA 4 SUKABUMI BBANDAR LAMPUNG

TIYA, NUR HAFIFAH (2022) ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK BERMUATAN SAINS DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PADA KURIKULUM 2013 PESERTA DIDIK KELAS VC DI MIMA 4 SUKABUMI BBANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI_TIYA NUR HAFIFAH_1711100224.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK BERMUATAN SAINS DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PADA KURIKULUM 2013 PESERTA DIDIK KELAS VC DI MIMA 4 SUKABUMI BANDAR LAMPUNG Oleh Tiya Nur Hafifah Penelitian ini bermula dari proses pembelajaran tematik yang dilakukan secara daring pada saat ini sehingga berdampak pada pembelajaran siswa. Pembelajaran tematik memiliki tujuan untuk menciptakan karakteristik peserta didik. Perlunya menerapkan nilai�nilai karakter kepada peserta didik guna menjadi manusia yang lebih baik lagi. Dalam pembelajaran tematik semua karakter dibentuk agar dapat mencapai hasil belajar serta sikap yang baik bagi dirinya maupun orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter, menerapkan pendidikan karakter, maupun hambatan dalam menerapkan pendidikan karakter pada pembelajaran tematik di kelas V MIMA 4 Sukabumi Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas VC dan peserta didik kelas VC. Penelitian ini dilaksanakan di MIMA 4 Sukabumi Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data analisis menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahab data dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter terdiri atas perencanaan dan pelaksanaan. Perencanaan pembelajaran menggunakan RPP dan Silabus. Dalam hal penerapan guru menerapkannya melalui kegiatan pembelajaran dan metode pembelajaran, pendekatan santifik, dan menciptakan suasana belajar yang kondusif. Dalam pembelajaran tematik guru mengembangkan dan menanamkan sembilan nilai karakter yang dikembangkan oleh kemendiknas. Hambatan yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran sains dalam pembentukan karakter adalah kemampuan siswa yang tidak bisa terevaluasi dengan baik dikarenakan pengawasan guru terhadap siswa tidak maksimal. Sehingga guru sulit memberikan nilai kepada siswa yang sesuai dengan kemampuan nya. Kata Kunci : Pembelajaran Tematik, Pendidikan Karakter, Sekolah Dasar iii ABSTRACT ANALYSIS OF THE THEMATIC LEARNING PROCESS WITH SCIENCE IN CHARACTER FORMING IN 2013 CLASS VC STUDENTS AT MIMA 4 SUKABUMI BANDAR LAMPUNG BY Tiya Nur Hafifah This research stems from the thematic learning process that is carried out online at this time so that it has an impact on student learning. Thematic learning has a goal to create the characteristics of students. The need to apply character values to students in order to become better human beings. In thematic learning, all characters are formed in order to achieve learning outcomes and good attitudes for themselves and others. This study aims to describe character values, apply character education, and obstacles in implementing character education in thematic learning in class V MIMA 4 Sukabumi Bandar Lampung. This study uses a qualitative approach with a descriptive type. The subjects of this study were VC class teachers and VC class students. This research was conducted at MIMA 4 Sukabumi Bandar Lampung. Data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. Data analysis uses the Miles and Huberman model, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The technique of checking the validity of the data is by technical triangulation. The results showed that the implementation of character education consisted of planning and implementation. Learning planning using lesson plans and syllabus. In terms of application, the teacher applies it through learning activities and learning methods, a scientific approach, and creating a conducive learning atmosphere. In thematic learning the teacher develops and instills nine character values developed by the Ministry of National Education. The obstacles faced by teachers in the process of learning science in character building are students' abilities that cannot be evaluated properly because teacher supervision of students is not optimal. So it is difficult for teachers to give grades to students according to their abilities. Keywords : Thematic Learning, Character Education, Elementary School

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jan 2022 05:02
Last Modified: 10 Jan 2022 05:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17021

Actions (login required)

View Item View Item