PENGARUH MODEL AUDITORY INTELECTUALLY REPETITION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 4 BANDAR LAMPUNG

YUKE, ICHLASUL VIKROM (2022) PENGARUH MODEL AUDITORY INTELECTUALLY REPETITION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 4 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi Full Yuke Ichlasul Vikrom .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini peserta didik masih kesulitan dalam memahami materi pelajaran saat terjadinya proses pembelajaran, hal itu mengakibatkan nilai hasil belajar peserta didik masih belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Maka dari itu peneliti menyimpulkan bahwa dalam pembelajaran IPS perlunya memakai Model Pembelajaran yang dapat membuat nilai peserta didik memenuhi KKM. Adapun tujuan pada penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan model Auditory Intellectually Repetition terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV di MIN 4 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dan jenis eksperimennya yaitu True Eksperiment. Jenis penelitian ini dengan cara yang digunakan adalah menggunakan pretest dan postest di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 4 Bandar Lampung dengan teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik Cluster Random Sampling. Pengambilan sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelompok kelas diantaranya kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dimana kelas eksperimen tersebut adalah kelas IV A dan untuk kelas kontrol adalah kelas IV C. Dengan teknik pengambilan data menggunakan tes. Data diperoleh dari buku-buku tentang model Auditory Intellectually Repetition (AIR) dan jurnal-jurnal yang terkait dengan model Auditory Intellectually Repetition (AIR) dalam pembelajaran ilmu pendidikan sosial. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat dikatakan bahwa model Auditory Intellectually Repetition dalam perhitungan Uji-t, didapatkan nilai sig 0,000 maka jika nilai Sig 0,05 (5%) pada Sig (2-tailed) maka H0 ditolak dan HI diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Auditory Intellectually Repetition terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas IV di MIN 4 Bandar Lampung, dan pembelajaran ilmu pendidikan sosial melalui model Auditory Intellectually Repetition (AIR) dapat berdampak positif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Model Auditory Intellectually Repetition, Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jan 2022 04:00
Last Modified: 10 Jan 2022 04:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17013

Actions (login required)

View Item View Item