ANALISIS POTENSI SEKTOR PERTANIAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI WILAYAH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Produksi Padi di Desa Duta Yoso Mulyo Kecamatan Rawa Pitu Kabupaten Tulang Bawang)

EKA, MAESAROH (2022) ANALISIS POTENSI SEKTOR PERTANIAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI WILAYAH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Produksi Padi di Desa Duta Yoso Mulyo Kecamatan Rawa Pitu Kabupaten Tulang Bawang). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI_EKA MAESAROH_1451010174.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dalam sektor yang mempunyai peranan penting dalam perekonomian wilayah hal ini ditunjukan dari kontribusi sektor pertanian pada pertumbuhan ekonomi yang mempunyai potensi yang meningkatan pertumbuhan ekonomi dan merencanakan Pembangunan ekonomi daerah bentuk dari keberhasilan pertumbuhan ekonomi wilayah yang dapat mendorong kegiatan ekonomi di sektor pertanian produksi padi yang berada di wilayah pedesaan. Keberadaan sektor pertanian pada produksi padi di Desa Duta Yoso Mulyo dapat memberikan tingkat kesejahteran dari hasil panen padi mereka, akan tetapi pembangunan desa yang ada di Desa Duta Yoso Mulyo masih kurang diperhatian dari pembangunan infrastruktur jalan dan penyediaan keperluan teknologi yang di butuhkan di sektor pertanian. penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, tehnik pengumpulan data wawancara dan pengamatan. Data primer diperoleh langsung dari responden mengenai masyarakat petani padi. Data sekunder berupa teori- teori dan norma hukum dan data penunjang lainnya yang diperoleh dari kepustakaan. Dokumentasi dan monografi desa, semua data tersebut merupakan bahan-bahan untuk menganalisis pada potensi sektor pertanian terhadap pertumbuhan ekonomi wilayah pedesaan pada produksi padi di desa Duta Yoso Mulyo Kecamatan Rawa Pitu Kabupaten Tulang Bawang. Hasil peneliti menunjukan bahwa, sektor pertanian pada produksi padi di desa Duta Yoso Mulyo sebagai mata pencaharian utama untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan memberikan hasil panen padi yang bagus dalam setiap tahap pertahun akan tetapi hasil panen padi mengalami penurunaan, dan harga jual gabah kering padi, harganya di bawah standar jual pasar karena kondisi pembangunan infrastruktur jalan yang kurang mendukung dan faktor lainnya seperti modal yang terbatas, teknologi pertanian yang masih minim. Dan sektor pertanian pada produksi padi sangat mendorong pada pertumbuhan ekonomi wilayah di desa Duta Yoso Mulyo apabila pemerintah membantu masyarakat petani padi dalam meningkatkan hasil panen produksi padi, dalam memperhatian keadaan iii pembangunan di desa, dan keperluan yang dibutuhkan pada sektor pertanian maka dapat meningkatkan kesejahteraan. Menurut ekonomi islam masih belum menerapkan dasar-dasar landasan Al-quran yang ada di ekonomi islam hal ini bisa dilihat pada dua karakteristik pertumbuhan ekonomi yaitu keadilan dan tanggung jawab. Kata kunci: Sektor Pertanian Produksi Padi, Pertumbuhan Ekonomi Wilayah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jan 2022 02:58
Last Modified: 10 Jan 2022 02:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17002

Actions (login required)

View Item View Item