NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KISAH NABI MUHAMMAD SAW PADA KITAB NURUL YAQIN KARYA ASY-SYEIKH MUHAMMAD AL-KHUDHARI (Terjemah Abu Husein Al-Hamid)

NURLENA, AGUSTINA (2022) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KISAH NABI MUHAMMAD SAW PADA KITAB NURUL YAQIN KARYA ASY-SYEIKH MUHAMMAD AL-KHUDHARI (Terjemah Abu Husein Al-Hamid). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI NURLENA AGUSTINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KISAH NABI MUHAMMAD SAW PADA KITAB NURUL YAQIN KARYA ASY-SYEIKH MUHAMMAD AL�KHUDHARI (Terjemahan Abu Husein Al-Hamid) Nilai-nilai pendidikan akhlak bagi umat manusia merupakan suatu fondasi yang sangat kokoh bagi terciptanya hubungan yang baik antara hablumminallah dan hablumminannas. Pendidikan akhlak juga menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan, mengingat berbagai penyimpangan akhlak di kalangan peserta didik merupakan ancaman besar bagi orang tua, sekolah, lingkungan masyarakat, dan agama. Sementara akhlakul karimah tidak semata-mata lahir berdasarkan keturunan atau terjadi secara tiba-tiba. Melainkan membutuhkan proses panjang, yaitu melalui pendidikan akhlak. Imbas dari modernisasi yang salah tafsir, menjadikan beberapa kalangan masyarakat beranggapan bahwa apapun yang datang dari budaya barat itu dikatakan sebagai sesuatu yang modern. Banyak pendidikan akhlak yang ditawarkan oleh barat, akan tetapi hal itu juga memiliki banyak kekurangan. Sementara pendidikan akhlak yang ditawarkan oleh ajaran Islam, tentu sudah tidak ada kekurangan maupun keraguan di dalamnya. Mengapa demikian? Karena, pendidikan tersebut berasal langsung dari sang Khaliq Allah SWT yang disampaikan melalui Rasulullah Muhammad SAW dengan kemukjizatan Al�Qur’an serta Sunnah beliau kepada umatnya. Maka, salah satu senjata untuk membentengi pribadi umat muslim saat ini ialah diperlukannya penanaman nilai pendidikan akhlak yang luhur, sebagaimana yang telah di contohkan oleh suri tauladan muslim yaitu Rasulullah Muhammad SAW. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kepustakaan (Library Research), yaitu penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan literatur (kepustakaan), baik berupa buku, catatan, maupun laporan hasil penelitian dari peneliti terdahulu. Data yang ada dalam kepustakaan tersebut dikumpulkan dan diolah dengan cara editing, organizing, dan penemuan hasil penelitian. Teknik analisis datanya menggunakan teknik Content Analysis (analisis isi), yaitu penelitian yang dilakukan terhadap informasi yang didokumentasikan dalam bentuk gambar, maupun tulisan. Berdasarkan hasil penelitian mengenai nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kisah Nabi Muhammad SAW pada kitab Nurul Yaqin karya Asy-Syeikh Muhammad Al-Khudhari (Terjemahan Abu Husein Al-Hamid), ditemukan kesimpulan bahwa Rasulullah Muhammad SAW merupakan contoh ideal bagi umat manusia dalam segala bidang, baik dalam kekeluargaan, kepemimpinan, sosial, politik, pertahanan, keamanan, militer, pendidikan, maupun dalam bidang keagamaan. Selain itu, untuk mengaplikasikan nilai-nilai pendidikan akhlak yang dapat diambil dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kisah Nabi Muhammad SAW menurut Asy�Syeikh Muhammad Al-Khudhari, antara lain adalah Pendidikan Zuhud, Pendidikan Kasih Sayang, Pendidikan Kepemimpinan, Pendidikan Tabligh, Pendidikan Musyawarah, Pendidikan Kejujuran, Pendidikan Keadilan, Pendidikan Kesabaran, Pendidikan Pemaaf, Pendidikan Keberanian. Kata Kunci: Nilai-Nilai, Pendidikan Akhlak, Kisah Nabi Muhammad SAW, Asy�Syeikh Muhammad Al- Khudhari iii ABSTRAC NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KISAH NABI MUHAMMAD SAW PADA KITAB NURUL YAQIN KARYA ASY-SYEIKH MUHAMMAD AL�KHUDHARI (Terjemahan Abu Husein Al-Hamid) The values of moral education for mankind are a very solid foundation for the creation of a good relationship between hablumminallah and hablumminannas. Moral education is also something that is very much needed, considering that various moral deviations among students are a big threat to parents, schools, the community, and religion. Meanwhile, morality is not merely born based on descent or occurs suddenly. But it requires a long process, namely through moral education. The impact of modernization is misinterpreted, making some people think that anything that comes from western culture is said to be something modern. Many moral education offered by the west, but it also has many shortcomings. While the moral education offered by Islamic teachings, of course there are no shortcomings or doubts in it. Why is that? Because, the education comes directly from the Khaliq Allah SWT who was conveyed through the Prophet Muhammad SAW with the miracles of the Qur'an and his Sunnah to his people. So, one of the weapons to fortify the personality of Muslims today is the need to instill the values of noble moral education, as exemplified by the Muslim role model, the Prophet Muhammad SAW. This research is included in library research, namely research carried out using literature (library), either in the form of books, notes, or reports on research results from previous researchers. The data in the literature is collected and processed by editing, organizing, and finding research results. The data analysis technique uses the Content Analysis technique, namely research conducted on information that is documented in the form of images, as well as writing. Based on the results of research on the values of moral education in the story of the Prophet Muhammad SAW in Asy�Syeikh Muhammad Al-Khudhari's book Nurul Yaqin (Translation of Abu Husein Al-Hamid), it was concluded that the Prophet Muhammad SAW is an ideal example for mankind in all fields , both in the family, leadership, social, political, defense, security, military, educational, and religious fields. In addition, to apply the values of moral education that can be taken and applied in everyday life based on the story of the Prophet Muhammad SAW according to Asy-Syeikh Muhammad Al-Khudhari, among others are Zuhud Education, Compassion Education, Leadership Education, Tabligh Education, Deliberation Education, Honesty Education, Justice Education, Patience Education, Forgiveness Education, Courage Education. Keywords: Values, Moral Education, Story of the Prophet Muhammad SAW, Ash-Sheikh Muhammad Al-Khudhari

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Jan 2022 03:15
Last Modified: 07 Jan 2022 03:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16988

Actions (login required)

View Item View Item