IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PROSES PEMBELAJARAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH SD MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG

Erna, Suryaningsih (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PROSES PEMBELAJARAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH SD MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ERNA SURYANINGSIH 1.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan karakter merupakan pondasi awal yang dibutuhkan dalam membangun bangsa. Oleh karena itu sekolah memiliki kewajiban untuk berkomitmen dalam membangun karakter bangsa. Dalam hal ini tentu banyak tantangan yang perlu dihadapi salah satunya berkembangnya teknologi serta informasi sebagai dampak globalisasi, Gaya hidup modern yang mempengaruhi sikap dan perilaku tanpa disadari menyimpang dari nilai dan luhur bangsa indonesia, serta fenomena peserta didik yang tidak mengindahkan nilai-nilai etika. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter pada peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di Lingkungan sekolah SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data wawancara observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Kepala Sekolah, pendidik, serta peserta didik. Observasi dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai kondisi fisik maupun non fiisik serta penerapan pendidikan karakter pada Proses Pembelajaran di Lingkungan Sekolah SD Muhammadiyah 1 Bandar lampung. Dokumentasi dilakukan untuk mendapatkan informasi dokumen terkait penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses implementasi pendidikan karakter di Lingkungan Sekolah SD Muhammadiyah 1 Bandar lampung tercermin dalam kegiatan pembelajaran, pembiasaan yang diantaranya seperti kegiatan rutin, dan kegiatan keseharian di rumah dan lingkungan masyarakat. Perencanaan penanaman nilai karakter terintegrasi kedalam kurikulum sekolah. Faktor pendukung dalam penanaman nilai karakter ini yaitu dukungan kerja sama yang baik antara lingkungan sekolah maupun warga sekolah, sarana dan prasarana yang memadai, serta dukungan orang tua peserta didik. Sedangkan faktor hambatan dalam penanaman pendidikan karakter ini yaitu pola pikir manusia yang lebih mementingkan kognitif atau akademik peserta didik sehingga pelaksanaan dalam mengimplementasikan pendidikan karakter belum terlaksana dengan konsisten. Kata kunci : pendidikan karakter, lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jan 2022 03:14
Last Modified: 06 Jan 2022 03:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16966

Actions (login required)

View Item View Item