INTEGRASI KURIKULUM PESANTREN DAN MADRASAH ALIYAH DI PONDOK PESANTREN AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG

Muhamad, Azmi (2022) INTEGRASI KURIKULUM PESANTREN DAN MADRASAH ALIYAH DI PONDOK PESANTREN AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Cover s.d Bab II + dapus M Azmi.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of TESIS LENGKAP FIKS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK INTEGRASI KURIKULUM PESANTREN DAN MADRASAH ALIYAH DI PONDOK PESANTREN AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG Oleh : Muhamad Azmi Pengintegrasian kurikulum pada pesantren dan madrasah bertujuan untuk memperkaya khazanah keilmuan serta membedakan kualitas Madrasah Aliyah naungan pondok pesantren dengan lainnya. Dengan pengintegrasian tersebut, kualitas lulusan Madrasah Aliyah Al-Hikmah Bandar Lampung diharapkan memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan lulusan Madrasah Aliyah pada umumnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi lapangan dan sifat penelitiannya adalah deskriptif, untuk pengumpulan data nya menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara, sedangnkan dalam menganalisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan yang paling akhir dalam metodologi penelitian untuk menguji keabasahan data menggunakan uji Trianggulasi data. Adapun hasil penelitian pertama : Kurikulum Pesantren dan madrasah Aliyah Al�Hikmah menunjukkan terintegrasinya tujuan kurikulum madrasah dan tujuan kurikulum pesantren, yaitu pada visi pengembangan ilmu pengetahuan umum, ilmu pengetahuan agama, pengembangan keterampilan tambahan dan penanaman akhlaqul karimah. Model Integrasi Kurikulum Pesantren dan Madrasah Aliyah Al-Hikmah yang menyandingkan mata pelajaran umum dan agama secara seimbang dan terintegrasinya pesantren dalam sistem pendidikan madrasah, organisasi kurikulum ini dapat dimasukkan pada bentuk integrasi dalam satu mata pelajaran (within singe diciplines), khususnya fragmented model. Problematika dan solusi Kurikulum Pesantren dan Madrasah Aliyah Al Hikmah Hasil temuan penelitian dalam evaluasi kurikulum madrasah dan evaluasi kurikulum pesantren, terintegrasi pada evaluasi terhadap konteks fenomenasosial yang terjadi secara global, nasional maupun lokal. Terdapat persamaan konteks sosiologis yang dievaluasi pada madrasah dan pesantren yang meliputi: a) perkembangan sosial�budaya masyarakat, b) perkembangan IPTEK, c)perkembangan dunia kerja. Kunci : Integrasi, Kurikulum, Pondok pesantren dan Madrasah Aliyah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jan 2022 03:04
Last Modified: 05 Jan 2022 03:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16940

Actions (login required)

View Item View Item