PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS X DI MAN 1 WAY KANAN

YENI, IRMAYANI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS X DI MAN 1 WAY KANAN. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI YENI IRMAYANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Kurang maksimalnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak merupakan indikasi pembelajaran yang disebabkan oleh kurangnya aktifitas siswa dalam proses pembelajaran, dikarenkan kurang tepatnya model pembelajaran yang diterapkan sehingga membuat siswa jenuh siswa kurang memahami dan kurang dalam berpikir kritis terhadap pembelajaran Akidah Akhlak disekolah. Penulis mencoba melakukan eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MAN 1 Way Kanan. Tujuan penelitian ini dilakukan guna mengetahui apakah ada perbedaan pengaruh antara model pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) dan model pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik kelas X di MAN 1 Way Kanan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif dengan metode penelitian berbentuk Quasy Eksperimen Design atau sebuah penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain, dan menggunakan design postes only control group design. Dengan teknik pengambilan sampelnya menggunakan tekhnik Purposive Sampling, yaitu pengambilan sampel dengan tujuan tertentu. Untuk proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pembelajaran menggunakan model Higher Order Thinking Skill (HOTS) lebih berpengaruh dibandikan dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran Konvensional. Hal ini dapat dilihat dari Hasil tes akhir (Posttest) peserta didik. Berdasarkan data nilai rata - rata peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada nilai rata - rata peserta didik pada kelas kontrol. Hasil rata – rata posttest peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran HOTS lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Konvensional, yaitu kelas eksperimen 10,30 dan kelas kontrol 8,40 pada soal pilihan ganda’ hasil uji t didapat  yaitu = 2,47 dan = 2,02 pada soal pilihan ganda. Dengan taraf signifikan 5% dari pengujian diterima dan ditolak, artinya ada pengaruh dari model pembelajaran HOTS Higher Order Thinking Skill iv terhadap hasil pembelajaran Akidah Akhlak kelas X di MAN 1 Way Kanan. Kata Kunci: Higher Order Thinking Skill (Hots), hasil belajar, pendidikan agama islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jan 2022 04:17
Last Modified: 04 Jan 2022 04:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16930

Actions (login required)

View Item View Item