PERANAN GURU KELAS DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL DAN BERSAHABAT PESERTA DIDIK DI MIN 11 BANDAR LAMPUNG

Dina, Eliza (2022) PERANAN GURU KELAS DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL DAN BERSAHABAT PESERTA DIDIK DI MIN 11 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI   BAB 1&5.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI  FULL DINA ELIZA PGMI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Oleh Dina Eliza Seperti yang penulis lihat disekolah tersebut bahwa masih ada beberapa peserta didik yang kurang baik terhadap sesama teman sebaya maupun pendidik, kurangnya rasa tolong menolong antar peserta didik, kurangnya menghargai peserta didik, peserta didik masih kurang santun berbicara kepada pendidik, bahkan berkelahi dengannya, dan rasa peduli sosial dan bersahabat kurang terhadap sesama teman maupun terhadap guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru di MIN 11 Bandar Lampung dalam mengembangkan karakter peduli sosial dan bersahabat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan metode deskriptif. Peneliti mengambil tempat penelitian di MIN 11 Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data menggunakan beberapa metode yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data pennelitian yaitu guru dan peserta didik. pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian mengenai peranan guru dalam mengembangkan karakter peduli sosial dan bersahabat di MIN 11 Bandar Lampung dapat diketahui bahwa guru telah melakukan upaya penanaman sikap peduli sosial dan bersahabat kepara para siswanya, dalam upaya penanaman sikap peduli sosial dan bersahabat, para guru menanamkan sikap peduli sosial dan bersahabat melalui peran guru dalam pembelajaran. Sikap peduli sosial yang dikembangkan ialah saling menyayangi antar teman, saling perduli, dan saling melakukan hal yang bermanfaat untuk sesama. Sikap bersahabat yang dikembangkan dalam membentuk karakter peserta didik ialah menciptakan suasana rukun didalam kelas, saling berteman dan bersahabat, berkomunikasi dengan Bahasa yang santun, berteman dengan cinta kasih dan rela berkorban, serta tidak membeda-bedakan dalam pertemanan. Guru berperan penting dalam mengembangkan karakter peduli sosial dan bersabahat di MIN 11 Bandar Lampung. Kata Kunci: Peranan Guru, Karakter Peduli Sosial, Bersahabat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jan 2022 07:22
Last Modified: 03 Jan 2022 07:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16918

Actions (login required)

View Item View Item