HUBUNGAN KECERDASAN ANAK DAN PENDIDIKAN ORANG TUA DI SD N 4 SUKADANA PASAR LAMPUNG TIMUR

RINDA, NOVIATAMA (2022) HUBUNGAN KECERDASAN ANAK DAN PENDIDIKAN ORANG TUA DI SD N 4 SUKADANA PASAR LAMPUNG TIMUR. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI_RINDA NOVIATAMA_1611080334.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK HUBUNGAN KECERDASAN ANAK DAN PENDIDIKAN ORANG TUA DI SD N 4 SUKADANA PASAR LAMPUNG TIMUR Oleh RINDA NOVIATAMA 1611080334 Kecerdasan/Intelegensi berasal dari bahasa latin “intelligence” yang berarti menghubungkan atau menyatukan satu sama lain (to organize ,to relate, to bind together). kecerdasan merupakan sebuah konsep yang bisa diamati tetapi menjadi hal yang paling sulit untuk didefinisikan. Kecerdasan anak dimulai dengan pengenalan huruf hingga cara membaca yang tepat, dan pengenalan angka hingga berhitung dengan tepat. Orang tua adalah pendidik pertama bagi anak-anak mereka, karena dari merekalah anak-anak mulai menerima pendidikan. Orang tua adalah guru pertama mereka dalam pendidikan moral. Bentuk dan isi serta cara-cara pendidikan didalam keluarga akan selalu mempengaruhi tumbuh dan perkembangan watak, budi pekerti dan kepribadian tiap-tiap anak. Jenjang pendidikan adalah tahap pendidikan yang berkelanjutan yang ditetapkan berdasarkan tingkat perkembangan peserta didik, tingkat kerumitan bahan pengajaran dan cara menyajikan bahan pengajaran. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis korelasi. Penelitian ini merupakan kegiatan statistik yang dimulai dari menghimpun, menyusun, atau mengatur data, mengolah data menyajikan data dan menganalisis data angka guna memberikan gambaran tentang suatu gejala, peristiwa dan keadaaan. Adapun hasil dapat diketahui bahwa nilai signifikan sebenarnya tidak pada angka 0,846 atau 0,066 , melainkan pada sig = 0,000 < 0,05 (dapat digabarkan kembali hasil perhitungan dengan rxy = 0,846, sig 0,25 < 0,05 ; rxy = 0,846 , sig = 0,000<< 0,01) dimana koefesien kolerasi (coleration coeffcients) yang merupakan petunjuk kuantitatif dari jenis tingkat hubungan antar variabel bergerak dari -1 sampai +1, angka kolerasi -1 menununjukan iii kolerasi negatif yang mutlak dan angka kolerasi +1 menunjukan kolerasi positif yang mutlak , nilai anatar keduanya menunjukan keragaman tingkat kolerasi yang terjadi. Jika tidak dapat hubungan sistematik antar variabel angka kolerasinya adalah 0. Sehingga kedua variabel pada penelitian ini dinyatakan mempunyai kolerasi yang signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jan 2022 04:45
Last Modified: 03 Jan 2022 04:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16910

Actions (login required)

View Item View Item