ANALISIS PERAN AMARTHA MIKRO FINTECH TERHADAP UPAYA PEMBERDAYAAN EKONOMI PEREMPUAN DALAM PENINGKATAN PEREKONOMIAN KELUARGA PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM (Study Kasus Pada Anggota Kelompok Industri Rumahan Kaum Perempuan Desa Banjar Agung, Tulang Bawang)

Oktavia, Laraswati (2022) ANALISIS PERAN AMARTHA MIKRO FINTECH TERHADAP UPAYA PEMBERDAYAAN EKONOMI PEREMPUAN DALAM PENINGKATAN PEREKONOMIAN KELUARGA PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM (Study Kasus Pada Anggota Kelompok Industri Rumahan Kaum Perempuan Desa Banjar Agung, Tulang Bawang). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Bab I & II Oktavia.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi_Oktavia Laraswati_1751010207_ES.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Peran serta seluruh anggota keluarga dalam perekonomian merupakan kunci utama kesejahteraan rumah tangga.Seorang perempuan yang turut bekerja tentunya diakibatkan oleh berbagai faktor seperti belum tercukupinya kebutuhan rumah tangga jika hanya suami yang bekerja. Pemberdayaan perempuan dari sisi ekonomi semakin dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan dan berpotensi besar untuk kemajuan generasi penerus dimasa mendatang. PT Amartha Mikro Fintech merupakan lembaga keuangan yang memberikan pembiayaan kepada pengusaha yang berasal dari golongan ekonomi menengah kebawah terutama para perempuan yang berdaya lemah. Penelitian bertujuan untuk menguraikan peranan Amartha dalam memberdayakan ekonomi perempuan. Penelitian ini bersifat kualitatif berupa analisis isi (content analysis), dengan cara terjun langsung, mengamati serta mewawancarai narasumber penelitian. Adapun sumber data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari PT Amartha Mikro Fintech dan wawancara kepada para anggota kelompok Amartha serta data sekunder dari riset kepustakaan. Selanjutnya metode pengumpulan data dilakukan dengan obeservasi, wawancara dan dokumentasi untuk selanjutnya di analisis dengan cara mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Amartha Mikro Fintech berperan dalam memberdayakan ekonomi kaum perempuan yaitu sebagai penguat pemberdayaan para perempuan dalam usaha yang dilakukan atau Empowering. Para perempuan yang diberikan bantuan mampu meningkatkan pendapatan mereka sehingga dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari dan menjadi lebih sejahtera, mereka menjadi semakin pandai dalam mengelola keuangan dan mulai terlibat aktif dalam pengambilan keputusan rumah tangga. Keyword: Pemberdayaan Perempuan, Peningkatan Perekonomian Keluarga, PT Amartha Mikro Fintech.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jan 2022 04:39
Last Modified: 03 Jan 2022 04:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16909

Actions (login required)

View Item View Item