PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID DALAM PEMBELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MADRASAH TRASAWIYAH (MTs)

Siti, Nurrohmah (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID DALAM PEMBELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MADRASAH TRASAWIYAH (MTs). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SRIPSI FULL SITI NURROHMAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi pembelajaran terus berkembang seiring berjalannya waktu. Pembelajaran yang dahulunya hanya bisa dilakukan secara konvensional kini mulai berkembang dengan adanya multimedia. Pembelajaran dapat terlaksana dengan baik jika terdapat interaksi pembelajaran yang menarik antara guru dan peserta didik, antara sesama peserta didik atau dengan sumber belajar lainnya. Dalam pembelajaran fiqih di MTs Al- Khairiyah Kampung Baru Lampung Selatan, dalam menyampaikan pembelajaran masih berpusat pada guru dan media yang digunakan buku cetak dan LKS saja belum pernah menggunakan media pembelajaran berbasis android. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan terhadap bahan ajar multimedia interaktif berbasis android pada materi fiqih ibadah haji dan umroh. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Android. Desain atau metode yang diterapkanbpada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan R&D (Reseach and Development) dengan menggunakan model penelitian ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Data yang diperoleh akan dianalisis dengan deskriptif presentase dan data kualitatif. Proses penelitian dan pengembangan diawali dengan perancangan desain media, proses validasi ahli meliputi satu orang ahli media, satu orang ahli materi, satu orang ahli bahasa, dan satu orang guru fiqih di MTs Al- Khairiyah Kampung Baru, serta tanggapan atau respon siswa terhadap multimedia yang dikembangkan. Hasil uji validasi oleh ahli media dengan presentase rata- rta mencapai 94% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji validasi oleh ahli materi dengan presentase rata- rata 90,74% dengan kriteria sangat layak. Dan hasil uji validasi oleh ahli bahasa dengan presentase rata- rata mencapai 89,5% dengan kriteria sangat layak. Selain itu, pengembangan bahan ajar multimedia interaktif berbasis android pada materi fiqih ibadah haji dan umroh dinyatakan menarik oleh guru dan peserta didik untuk digunakan sebagai bahan ajar mandiri untuk peserta didik. Hasil rata- rata kemenarikan dari respon guru dengan presentase 92% dengan kriteria sangat menarik. Dan hasil rata- rata kemenarikan dari respon peserta didik dengan presentase 90,25% dengan kriteria sangat menarik. Berdasarkan dari hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa bahan ajar multimedia interaktif ini layak untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran bagi guru dan peserta didik kelas VIII. Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Multimedia Interaktif, Fiqih

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jan 2022 04:36
Last Modified: 03 Jan 2022 04:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16907

Actions (login required)

View Item View Item