IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN LAMPUNG BARAT NOMOR 3 TAHUN 2018 TENTANG KABUPATEN LAYAK ANAK PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Kasus Pekon Gedung Surian Kecamatan Gedung Srian Kabupaten Lampung Barat)

WIDI, AYU NOVITASARI (2022) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN LAMPUNG BARAT NOMOR 3 TAHUN 2018 TENTANG KABUPATEN LAYAK ANAK PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Kasus Pekon Gedung Surian Kecamatan Gedung Srian Kabupaten Lampung Barat). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kabupaten layak anak adalah kegiatan untuk menjamin dan melindungi anak dan hak-haknya agar dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan dan mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi berdasarkan Peraturan Daerah kabupaten Lampung Barat Nomor 3 tahun 2018 tentang kabupaten layak anak. Kekerasan sering kali diidentikkan dengan kekerasan kasat mata, seperti kekerasan fisikal dan seksual. Padahal kekerasan yang bersifat psikis dan sosial juga membawa dampak buruk dan permanen terhadap anak salah satunya ialah memiliki rasa trauma dan rasa takut yang berlebihan sehingga menghambat tumbuh kembang sang anak secara normal seperti semula. Meskipun sudah dibuat Peraturan Daerah di Kabupaten Lampung Barat mengenai perlindungan anak, namun masih banyak kasus kejahatan-kejahatan yang dilakukan oleh oknum�oknum tidak bertanggung jawab yakni dengan melakukan kekerasan fisikal dan seksual. Jika dilihat dari perspektif Fiqh Siyasah, tindak kekerasan anak sebagai tindakan yang tidak dibenarkan dalam Islam, serta dikategorikan sebagai tindak pidana yang berakibat dapat dipidana dengan sanksi hukum. Berdasarkan pada hukum Ta‟zir, yang ketentuan putusan hukumannya diserahkan kepada kebijakan pihak penguasa atau hakim. Adapun rumusan masalah yang akan diangkat oleh peneliti yaitu sebagai berikut: 1.Bagaimana Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Barat Nomor 3 Tahun 2018 tentang Kabupaten Layak Anak di Pekon Gedung Surian Kecamatan Gedung Surian Kabupaten Lampung Barat?, 2.Bagaimana Perspektif Fiqih Siyasah terhadap Implementasi Pasal 6 Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Barat Nomor 3 Tahun 2018 tentang Perlindungan Anak di Pekon Gedung Surian Kecamatan Gedung Surian Kabupaten Lampung Barat? Penelitian ini dilakukan di Pekon Gedung Surian Kecamatan Gedung Surian, Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung terhadap peristiwa dan data-data lapangan. Sumber Data dalam penelitian ini terdiri dari data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari hasil penelitian di lapangan, dan ii data sekunder adalah kesaksian atau data yang tidak berkaitan langsung dengan sumbernya yang asli, Sumber data yang diperoleh peneliti secara langsung mencakup dokumen-dokumen resmi, jurnal hukum, laporan hukum dan media cetak atau elektronik, Undang�undang, kamus hukum, dan lainnya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode interview, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data Penelitin ini bersifat Deskriptif dengan tujuan memberi gambaran mengenai situasi yang terjadi dengan menggunakan analisis kualitatif yang bersifat induktif yaitu suatu analisis berdasarkan data yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jan 2022 03:05
Last Modified: 03 Jan 2022 03:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16895

Actions (login required)

View Item View Item