PENGARUH PENERAPAN GREEN ACCOUNTING TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN ( STUDI PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN DAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI INDEX SAHAM SYARIAH INDONESIA TAHUN 2015-2019)

Widya, Apsari Adriana (2022) PENGARUH PENERAPAN GREEN ACCOUNTING TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN ( STUDI PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN DAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI INDEX SAHAM SYARIAH INDONESIA TAHUN 2015-2019). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 5 dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI_Widya Apsari Adriana.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kinerja keuangan menggambarkan bagaimana kegiatan bisnis suatu perusahaan dijalankan serta apa yang sudah dicapai dari kegiatan bisnis tersebut. Penggunaan asset sebagai parameter dalam mengukur kinerja keuangan ini didasarkan karena profit yang diperoleh suatu perusahaan sangat diperlukan untuk kelangsungan hidup perusahaan, namun perusahaan juga perlu peduli terhadap pelestarian lingkungan, menciptakan produk ramah lingkungan dan tidak mencemari lingkungan, melakukan pelaporan dan pengungkapan informasi lingkungan serta membebankan biaya yang digunakan untuk program bina lingkungan sebagai penerapan akuntansi lingkungan (green accounting). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan green accounting terhadap kinerja keuangan perusahaan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian ini adalah perusahaan pertambangan dan manufaktur yang tercatat dalam Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) tahun 2015-2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik purposive sampling. Jumlah perusahaan yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu 17 perusahaan. Data yang diolah merupakan data sekunder yang diperoleh peneliti melalui laporan keuangan dan laporan tahunan dari situs resmi Bursa Efek Indonesia dan situs web resmi perusahaan terkait. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dengan menggunakan program SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa green accounting secara parsial berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan pertambangan dan manufaktur yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) tahun 2015-2019. Kata Kunci : Green Accounting, Kinerja Keuangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jan 2022 01:33
Last Modified: 03 Jan 2022 01:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16888

Actions (login required)

View Item View Item