Hubungan penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam di Smp Negri 1 Ketepang Lampung Selatan

Rohani, Rohani (2017) Hubungan penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam di Smp Negri 1 Ketepang Lampung Selatan. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
PDF
Download (586kB) | Preview
[thumbnail of Halaman_Depan.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Tesis.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mencari hubungan penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Sebagai obyek penelitian adalah peserta didik SMP Negeri 1 Ketapang.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner pada 72 peserta didik atau 11 % dari populasi 658 peserta didik, dengan teknik sampling menggunakan Sampling acak secara proporsional (Proportionate stratified random sampling). Teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas dan uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, dan uji korelasi tunggal serta korelasi ganda.Penggunaan media pembelajaran oleh guru pendidikan agama islam selanjutnya disebut sebagai variable (X1) Sedangkan variabel motivasi belajar(X2) Dan variabel terkaitnya adalah prestasi belajar peserta didik mata pelajaran pendidikan agama islam (Y).Berdasarkan ungkapan di atas, maka temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) ada hubungan yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran dengan prestasi belajar PAI dengan koefisien korelasi sebesar 0.965.2) ada hubungan yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran dengan motivasi belajar PAI dengan koefisien korelasi sebesar 0.934. 3) ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar peserta didik dengan prestasi belajar PAI dengan koefisien korelasi sebesar 0.961. 4) secara bersama-sama terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar peserta didik dengan prestasi belajar PAI dengan koefisien korelasi sebesar 0.908.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 26 Oct 2017 06:59
Last Modified: 26 Oct 2017 06:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1688

Actions (login required)

View Item View Item