PENGARUH EKONOMI KREATIF BERBASIS BUDAYA LOKAL TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PENGRAJIN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Usaha Batik di Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung)

SEPTI, DWI AYU NINGRUM (2021) PENGARUH EKONOMI KREATIF BERBASIS BUDAYA LOKAL TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PENGRAJIN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Usaha Batik di Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung memiliki potensi sektor ekonomi kreatif berupa batik tulis khas Lampung, terdapat 5 industri produksi batik tulis khas lampung dengan 69 pengrajin. Sektor ekonomi kreatif berbasis budaya lokal ini menjadi salah satu kegiatan perekonomian yang dapat memberikan peningkatan atas pendapatan pengrajin, yang mana sebagaian besar pengrajin didominasi oleh Ibu Rumah Tangga (IRT). Sektor ekonomi kreatif muncul akibat dari daya kreatifitas dan bakat keterampilan pada diri seseorang untuk menghasilkan suatu produk. Produksi dilakukan dengan tujuan memberikan peningkatan atas pendapatan guna memenuhi kebutuhan hidup. Disamping itu tujuan lain yang ingin dicapai adalah memperkenalkan budaya Lampung kepada masyarakat Nasional dan Internasional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh sektor ekonomi kreatif berbasis budaya lokal dalam peningkatan pendapatan pengrajin pada sektor usaha batik di Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung? Kemudian Bagaimana pengaruh sektor ekonomi kreatif berbasis budaya lokal dalam peningkatan pendapatan pengrajin ditinjau dari prespektif ekonomi Islam pada sektor usaha batik di Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sektor ekonomi kreatif berbasis budaya lokal dalam peningkatan pendapatan pengrajin pada sektor usaha batik di kota Bandar Lampung serta untuk mendeskripsikannya dalam perspektif ekonomi Islam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendeketan penelitian metode kuantitatif yang bertujuan untuk menguji suatu hipotesis serta pengaruh antar variabel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa penyebaran kuesioner (angket) kepada para pengrajin dan wawancara kepada pemilik atau pengelola industri ekonomi kreatif dengan teknik pengambilan sampel berupa teknik purposive sampling/probability sampling dengan memperhatikan iii kriteria sampel. Sampel dalam penelitian ini ada 69 orang pengrajin batik tulis Lampung di Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung. Berdasarkan hasil kuesioner yang telah disebar dan kemudian dilakukan analisis data dengan nilai uji parsial signifikansi 0,000<0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima maka kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa ekonomi kreatif berbasis budaya lokal berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan pendapatan pengrajin di Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung. Dalam tinjauan ekonomi Islam, industri batik lampung di Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung dapat meningkatkan pendapatan pengrajin dan telah memenuhi proses tauhid (Keesaan Tuhan), “Adl (Keadilan), Khilafah (Pemerintahan), Nubuwwah (Kenabian) dan Ma’ad (Hasil). Kata Kunci: Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya Lokal, Peningkatan Pendapatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Dec 2021 03:33
Last Modified: 31 Dec 2021 03:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16879

Actions (login required)

View Item View Item