ANALISIS EKSTERNALITAS PETERNAKAN AYAM PETELUR TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Studi Pada Usaha Peternakan Ayam Petelur Di Desa Krawang Sari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan )

Andre, Ridho Rusmana (2021) ANALISIS EKSTERNALITAS PETERNAKAN AYAM PETELUR TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Studi Pada Usaha Peternakan Ayam Petelur Di Desa Krawang Sari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan ). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pembangunan merupakan suatu proses multidimensional yang meliputi perubahan dalam struktur sosial, perubahan dalam sikap hidup masyarakat dan perubahan dalam kelembagaan. Selain itu, pembangunan juga meliputi perubahan dalam tingkat pertumbuhan ekonomi, pengurangan ketimpangan pendapatan nasional, peningkatan kesehatan dan pendidikan serta pemberantasan kemiskinan. Pembangunan subsector peternakan bidang perunggasan, khususnya peternakan ayam ras petelur menjadi salah satu usaha yang diharapkan dapat membawa perubahan perekonomian masyarakat kearah yang lebih baik. Apabila semua keterkaitan antara suatu aktivitas dengan aktivitas lainnya dilaksanakan melalui mekanisme pasar atau melalui suatu sistem, maka keterkaitan antar berbagai aktivitas tersebut tidak menimbulkan masalah. Akan tetapi banyak keterkaitan antar kegiatan yang tidak melalui mekanisme pasar sehingga timbul berbagai macam masalah. Keterkaitan suatu kegiatan dengan kegiatan lain yang tidak melalui mekanisme pasar adalah apa yang disebut dengan eksternalitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja eksternalitas yang ditimbulkan peternakan ayam petelur, mengetahui bagaimana pengaruh eksternalitas peternakan ayam petelur terhadap pendapatan masyarakat dan mengetahui bagaimana pengaruh eksternalitas peternakan ayam petelur terhadap pendapatan masyarakat dalam perspektif ekonomi islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan metode deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Peternakan ayam petelur di Desa Krawang Sari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan menimbulkan 2 macam eksternalitas, yaitu eksternalitas positif dan negatif. Peternakan ayam petelur juga mampu meningkatkan pendapatan masyarakat setempat melalui eksternalitas positif peternakan ayam petelur dan peternakan ayam petelur dapat meningkatkan pendapatan masyarakat Desa Krawang Sari dengan halal dan juga thayib karena tidak adanya unsur yang dilarang dalam Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Dec 2021 03:21
Last Modified: 31 Dec 2021 03:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16875

Actions (login required)

View Item View Item