ANALISIS PENCATATAN PERSEDIAAN MENGGUNAKAN METODE PENCATATAN PERPETUAL (Studi kasus pada Minimarket Maritza Bandar Lampung)

Lius, Diana Putri (2021) ANALISIS PENCATATAN PERSEDIAAN MENGGUNAKAN METODE PENCATATAN PERPETUAL (Studi kasus pada Minimarket Maritza Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI LIUS DIANA PUTRI jd.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen persediaan suatu perusahaan sangatlah membantu untuk memastikan ketersediaan barang dagang sehingga tidak megalami kekurangan barang dagang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan akuntansi pada Minimarket Maritza Bandar Lampung dalam segi pencatatan dan penilaian persediaan, apakah menggunakan metode perpetual dan sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 14. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer yang didapat dalam penelitian berupa wawancara dan data sekunder berupa laporan Laba/Rugi, laporan keluar masuk persediaan barang. Analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yaitu dengan membandingkan teori yang terdapat di PSAK No. 14 dengan perlakuan dan penerapan akuntansi persediaan pada minimarket Maritza Bandar Lampung Hasil penelitian menunjukan bahwa perlakuan dan penerapan akuntansi persediaan yang telah digunakan oleh Minimarket Maritza Bandar Lampung adalah menggunakan metode pencatatan perpetual dan metode penilaian FIFO (First in first out) atau MPKP (Masuk pertama keluar pertama). Metode pencatatan yang digunakan oleh Minimarket Maritza Bandar Lampung ini telah sesuai dengan PSAK No.14 karena metode pencatatan yang digunakan adalah perpetual yang dapat memudahkan untuk .setiap saat dapat mengetahui posisi suatu perusahaan secara keseluruhan. Untuk metode Penilaian Hal ini telah sesuai dengan PSAK No 14 karena menggunakan metode penilaian FIFO (First in first out) atau MPKP (Masuk pertama keluar pertama). Metode ini digunakan karena agar produk yang lama tetap laku dan tidak mengalami kerusakan. Dalam segi pengakuan, pengukuran persediaan dan pencatatan persediaan pada minimarket Maritza Bandar lampung telah sesuai dengan PSAK No 14. Dan pencatatan persediaan minimarket Maritza sudah sesuai anjuran agama islam. Semua transaksi dilakukan pencatatan dan dengan prinsip prinsip kejujuran ketelitian dalam pencatatannya serta bertanggung jawab. Dan sudah sesuai etika bisnis islam. Kata Kunci: Persediaan, Metode perpetual, PSAK No.14, Prinsip Isla

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Dec 2021 02:52
Last Modified: 31 Dec 2021 02:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16865

Actions (login required)

View Item View Item