PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN HALAQAH DALAM MEMBINA BACAAN AL-QUR'AN SANTRI Dl PONDOK PESANTREN RIYADHUS SHOLIHIN BANDAR LAMPUNG

LISA, MUTIA (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN HALAQAH DALAM MEMBINA BACAAN AL-QUR'AN SANTRI Dl PONDOK PESANTREN RIYADHUS SHOLIHIN BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (684kB)
[thumbnail of SKRIPSI LISA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN HALAQAH DALAM MEMBINA BACAAN AL-QUR’AN SANTRI DI PONDOK PESANTREN RIYADHUS SHOLIHIN BANDAR LAMPUNG Oleh LISA MUTIA Kurangnya semangat santri dalam mempelajari Al-Qur‟an adalah hal yang merugikan bagi diri-sendiri, karena Al-Qur‟an merupakan penolong kita di akhirat nanti. Dalam proses belajar membaca Al-Qur‟an ada model pembelajaran yang baik akan berpengaruh pada semangat santri yaitu penerapan model pembelajaran Halaqah. Halaqah merupakan proses belajar mengajar yang dilaksanakan peserta didik dengan melingkari guru yang bersangkutan. Halaqah yang dilakukan seorang guru ialah mengkaji ilmu�ilmu Islam, di Pondok Pesantren Riyadhus Sholihin Bandar Lampung ialah Halaqah Al-Qur‟an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang sebagaimana adanya dalam keadaan wajar (natural setting). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (Field Research) yang menghasilkan data deskriptif dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi di pondok pesantren Riyadhus Sholihin Bandar Lampung lalu melalui wawancara dan di perkuat dengan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: Penerapan Model Halaqah dalam membina bacaan Al-Qur‟an Santri di Pondok Pesantren Riyadhus Sholihin Bandar Lampung. Dalam proses pelaksanaannya yaitu sistem belajar, penjabaran materi pembelajaran dan media/ alat belajar. Sistem belajar, dalam penerapan di pondok pesantren Riyadhus Sholihin dilaksanakan di aula ponpes bagi santriwati dan masjid di santriawan. Santri tidak hanya duduk lesehan melingkar tetapi juga menggunakan kelas yang kosong dan di lapangan yang berumput. Dalam prosesnya kegiatan halaqah harus tertib sesuai dengan urutan acara tetapi terkadang ustadz/ah bisa berubah-ubah dalam melaksanakan susunan acara. Saat pertemuan halaqah yaitu aula untuk santriwati dan masjid untuk santriawan. Dalam setiap 6 bulan sekali diadakan pergantian kelompok halaqah agar ukhuwahnya terjalin antar sesama santri. Penjabaran materi pembelajaran, dalam menyampaikan materi tidak hanya metode ceramah tetapi melalui penggambaran ilustrasi, mencontohkan pelafalan bacaan Al-Qur‟an dan tebak-tebakan hukum bacaan Al-Qur‟an. Dalam halaqah Al-Qur‟an tidak hanya ceramah, tetapi ada diskusi, bedah buku dan untuk metode pengajaran Al�Qur‟an yaitu dengan metode talqin dan Iqra‟. Media/ alat belajar, dalam halaqah Al-Qur‟an yang diterapkan ustadz/ah biasa menggunakan papan tulis, LCD/ Proyektor dan card sort

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Dec 2021 07:26
Last Modified: 30 Dec 2021 07:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16861

Actions (login required)

View Item View Item