Konsep pendidikan menurut Syeikh al-zarnuji dalam kitab Ta'lim Al-Muta'allim

Khoiri, Akhmad (2017) Konsep pendidikan menurut Syeikh al-zarnuji dalam kitab Ta'lim Al-Muta'allim. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
PDF
Download (639kB) | Preview
[thumbnail of Halaman_Depan.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
PDF
Download (749kB) | Preview
[thumbnail of Tesis.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (226kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Islam adalah penataan individual dan sosial yang dapat menyebabkan seseorang tunduk taat pada Islam dan menerapkannya secara sempurna di dalam kehidupan individu dan masyarakat. Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui pengajaran dan pelatihan yang didalamnya terdiri dari pendidik dan Peserta didik. Guru adalah orang yang memberikan ilmu pengetahuan kepada anak didik. Murid adalah orang yang sedang mempelajari ilmu. Perumusan masalah dalam pembahasan ini adalah: “Bagaimana Konsep Pendidikan menurut syekh al-Zarnuji Dalam Kitab Ta’limul Muta’alim” Pada tesis ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan obyektif mengenai: bagaimana konsep yang tepat dalam pendidikan Islam tentang pola hubungan guru dan murid yang dipaparkan oleh Burhanuddin al-Zarnuji dalam kitabnya Ta’lim al-Muta’allim. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriftif. Metode dalam pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kepustakaan (library research). Maka dari itu metode yang akan digunakan ialah dengan mengumpulkan data-data atau literatur-literatur yang relevan dengan permasalahan pokok yang menjadi sasaran penelitian. Dalam penelitian ini, literatur atau data yang diklasifikasikan dalam kelompok data primer, dan kelompok data sekunder. Setelah data-data terkumpul lengkap, berikutnya yang penulis lakukan adalah membaca, mempelajari, meneliti, menyeleksi, dan mengklasifikasi data-data yang relevan dan yang mendukung pokok bahasan, untuk selanjutnya penulis analisis, simpulkan dalam satu pembahasan yang utuh. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, konsep pendidikan menurut Syaikh al-Zarnuji dalam kitab Ta’lim al-Mutaalim: (1) Tujuan belajar atau pendidikan Islam menurut Burhanuddin al-Zarnuji yaitu: mengharap ridha Allah SWT, mencari kebahagiaan di akhirat, menghilangkan kebodohan baik dari dirinya sendiri maupun dari orang lain, menghidupkan agama, dan melestarikan Islam itu dapat lestari, kalau pemiliknya berilmu. Zuhud dan taqwa tidak sah tanpa disertai ilmu. (2) Dalam proses belajar mengajar Burhanuddin al-Zarnuji menjelaskan bahwa hubungan seorang guru dengan muridnya, guru harus memiliki kepribadian yang baik, sikap lemah lembut, kasih sayang dan mendidik. (3) pemikiran pendidikan Burhanuddin al-Zarnuji ini cukup relevan untuk di implementasikan di masakini, yaitu mengembangkan hubungan guru dan murid yang bersifat akrab dan berwibawa.Secara garis besar Burhanuddin al-Zarnuji menggaris bawahi bahwa dalam meningkatkan mutu pendidikan aspek moralitas harus diperhatikan tanpa harus mengesampingkan aspek intelektualitasnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 26 Oct 2017 06:26
Last Modified: 26 Oct 2017 06:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1686

Actions (login required)

View Item View Item