IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI KABUPATEN LAMPUNG BARAT NOMOR 41 TAHUN 2019TENTANG PEKON TERTIB PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Pekon Way Empulau Ulu Kec. Balik Bukit Lampung Barat)

DEVI, OKTAVIA (2021) IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI KABUPATEN LAMPUNG BARAT NOMOR 41 TAHUN 2019TENTANG PEKON TERTIB PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Pekon Way Empulau Ulu Kec. Balik Bukit Lampung Barat). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI DEVI OKTAVIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi Peraturan Bupati Lampung Barat Nomor 41 tahun 2019 tentang Pekon Tertib dan untuk mengetahui perspektif fiqh siyasah terhadap Peraturan Bupati Lampung Barat Nomor 41 tahun 2019 tentang Pekon Tertib. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam hal ini menganalisa perspektif fiqh siyasah dan menjelaskan tingkat pelaksanaan perbup pada Pekon Way Empulau Ulu Kecamatan Balik Bukit Lampung Barat dan pembinaan yang dilakukan Satuan Polisi Pamong Praja, apakah pekon tersebut tertib. Penelitian ini menggunakan tehnik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari responden yakni Satuan Polisi Pamong Praja yang memberikan pembinaan pekon dalam penerapan Peraturan Bupati Lampung Barat Nomor 41 tahun 2019 tentang Pekon Tertib, Peratin, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat pekon Way Empulau Ulu, serta data penunjang diperoleh dari kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasiPeraturan Bupati Lampung Barat Nomor 41 tahun 2019 Tentang Pekon Tertib telah berjalan dengan baik sejak disahkan 2 tahun yang lalu tetapi menjadi kurang maksimal yang disebabkan antara lain: Kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai ketertiban umum dan ketenteraman, Kegiatan yang dilaksanakan tidak menyentuh langsung kepada masyarakat dan aparatur pekon, tidak adanya dana operasional dan sumber daya manusia. Pandanganfiqh siyasah terhadap Peraturan Bupati Lampung Barat Nomor 41 Tahun 2019 Tentang Pekon Tertib Satpol PP Kabupaten Lampung Barat belum maksimal dalam membina menjalan tugas Sultah Tanfiziyyah dan Muraqabah wa Taqwim karena belum adanya pekon yang dapat dinyatakan menjadi pekon tertib dan masih ditemukannya pelanggaran atas perbup ini, Prinsip-prinsip umum pembuatan dan pelaksanaan kebijakan tanggung jawab pemerintah dan berprinsip adil semua dilaksanakan semata-mata untuk mewujudkan ketertiban umum di Lampung Barat setiap yang melanggar diberikan Pembinaan walaupun tidak semua pekon memenuhi unsur tertib dikarenakan oleh faktor-faktor penghambat sehingga tidak maksimalnya pembinaan. Kata Kunci: Pekon,Pembinaan Satuan Polisi Pamong Praja, Peraturan Bupati Lampung Barat Nomor 41 tahun 2019 Tentang Pekon Tertib.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Dec 2021 04:02
Last Modified: 30 Dec 2021 04:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16845

Actions (login required)

View Item View Item