PERSPEKTIF HUKUM ISLAM TENTANG UPAYA KEPOLISIAN DALAM MENDISIPLINKAN BERLALU LINTAS ( Studi di Kepolisian Resor Lampung Tengah )

MAHARANI, NUR SAFITRI (2021) PERSPEKTIF HUKUM ISLAM TENTANG UPAYA KEPOLISIAN DALAM MENDISIPLINKAN BERLALU LINTAS ( Studi di Kepolisian Resor Lampung Tengah ). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI MAHARANI NUR SAFITRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pada prinsipnya setiap langkah manusia ada yang mengatur, begitu pula ketika berkendara dijalan raya.Banyak kendaraan yang berlalu lalang untuk segera sampai pada tujuan sehingga banyak sekali terjadinya kecelakaan lalu lintas yang membahayakan banyak orang.Tindak lanjut amanat konstitusi tersebut adalah disahkannya Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Undang-Undang ini mengamatkan bahwa setiap pengguna kendaraan wajib mematuhi tata tertib yang ada, bahkan sosialisasi sudah banyak dilakukan oleh pihak kepolisian lalu lintas guna menciptakan suasana yang tertib berlalu lintas.Analisis efektivitas dari Polres Lampung Tengah masih banyak mendapatkan kritikan dari masyarakat.Terutama kurangnya fasilitas jalan yang memadai, yaitu jalan yang harus dibenahi kurangnya Sarana dan prasarana jalan berlubang dan lampu apil tidak beroperasi. Berdasarkan penelitian yang menjadi rumusan masalah di dalam skripsi ini adalah Bagaimana Disiplin Berlalu Lintas di Kabupaten Lampung Tengah dan yang kedua, Bagaimana Upaya Kepolisian Resor Kabupaten Lampung Tengah dalam Mendisiplinkan Berlalu Lintas di Kabupaten Lampung Tengah Perspektif Hukum Islam. Penulis skripsi ini digunakan jenis penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang langsung di lapangan atau kepada responden secara langsung dengan cara Observasi, Dokumentasi dan Wawancara. Sedangkan sifat dari penelitian ini adalah Deskriktif Kualitatif yaitu mengungkapkan kejadian atau fakta, keadaan, fenomena, variabel, di Polres Lampung Tengah. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peraturan yang menyangkut kewajiban konsentrasi berkendara masih sering dilanggar oleh pengendara.Akan tetapi peneliti menemukan adanya kekurangan dalam memfasilitasi jalan dan lampu apil dijalan tidak beroperasi. Peneliti merekomendasi kepada Pemerintah Daerah dan Jasa Raharja untuk lebih memperhatikan fasilitas jalan agar masyarakat merasa aman dalam berkendara dan mendapatkan penilaian yang baik dari masyarakat. Berdasarkan uraian pembahasan dan analisis permasalahan dapat ditarik kesimpulan bahwa, dibentuknya peraturan tersebut semata-mata demi kemaslahatan bagi pengendara sepeda motor serta pengguna jalan lainnya. Kata Kunci : Disiplin Berlalu Lintas, Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Dec 2021 03:47
Last Modified: 30 Dec 2021 03:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16835

Actions (login required)

View Item View Item