FISTRIYANI, Jabarudin (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL,DIGEEST, EXPAND DAN REVIEW) DI KELAS IV SD/MI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Proses pembelajaran selama pandemi covid-19 dilakukan secara daring, pendidik dan peserta didik hanya menggunakan bahan ajar berupa buku yang disediakan dari pihak sekolah. Bahan ajar yang digunakan masih terbatas khususnya modul yang menerapkan kurikulum 2013, selain itu juga model pembelajaran yang digunakan cenderung konvensional sehingga siswa kurang aktif dan minat saat belajar terutama pada mata pelajaran matematika yang mereka anggap sulit untuk dipelajari. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian tentang pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis MURDER (mood, understand, recall, digest, expand dan review). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui bagaimana cara pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis MURDER (mood, understand, recall, digest, expand dan review) serta bertujuan untuk menghasilkan produk modul pembelajaran matematika berbasis MURDER. Media pembelajaran ini dibuat untuk memudahkan kegiatan pembelajaran bagi peserta didik dan pendidik. Dengan adanya modul pembelajaran matematika berbasis MURDER (mood, understand, recall, digest, expand dan review) diharapakan modul tersebut dapat membantu siswa belajar secara mandiri dan antusias atau aktif pada saat kegiatan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan research and development (R&D) yang mengacu pada model pengembaangan ADDIE yang memiliki 5 langkah yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation, penelitian ditunjukan kepada peserta didik di MIN 5 Bandar Lampung dan peserta didik di MIN 6 Bandar Lampung serta kedua guru dari sekolah tersebut. Instrumen pengumpulan data berupa angket yang diberikan kepada validator untuk mengetahui kelayakan dan angket respon peserta didik dan pendidik untuk mengetahui respon. Berdasarkan hasil penelitian dari validator ahli materi mendapatkan persentase 95,8% dengan kriteria “layak” dan dari validator ahli media mendapatkan persentase 97,7% dengan kriteria “layak” kemudian respon skala kecil mendapatkan 84,5% dengan kriteria “sangat baik” dan pada skala besar mendapatkan 92,6% dengan kriteria “sangat baik” dan respon pendidik mendapatkan 91,5% dengan kriteria “sangat baik” dengan demikian produk yang dikembangkan oleh peneliti dapat digunakan dan menunjang dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: ADDIE, Modul, Matematika, MURDER
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 29 Dec 2021 04:17 |
Last Modified: | 29 Dec 2021 04:17 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16820 |
Actions (login required)
View Item |