STRATEGI PENGELOLA PASAR TRADISIONAL TERHADAP KEBERADAAN PASAR MODERN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pasar Panjang, Bandar Lampung)

Gifta, Alfina Febriana (2021) STRATEGI PENGELOLA PASAR TRADISIONAL TERHADAP KEBERADAAN PASAR MODERN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pasar Panjang, Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI Gifta Alfina Febriana.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Keberadaan pasar modern pada saat ini sudah menjadi tuntutan dan konsekuensi dari gaya hidup masyarakat. Persaingan pasar yang semakin kuat di masa sekarang ini membuat dua generasi antara pasar tradisional dan pasar modern saling beradu kekuatan. untuk itu pengelola pasar tradisional haruslah mempunyai strategi untuk meningkatkan pasar tradisional, dan pasar tradisional tidak merasa dirugikan terhadap keberadaan pasar modern. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : bagaimana perkembangan pasar tradisional terhadap keberadaan pasar modern?, bagaimana strategi pengelola pasar tradisional terhadap keberadaan pasar modern dalam perspektif ekonomi Islam?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan pasar tradisional terhadap keberadaan pasar modern dan strategi pengelola pasar tradisional terhadap keberadaan pasar modern dalam perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif penelitian ini termasuk penelitian lapangan. Sumber data terdiri dari observasi, wawancara terbuka, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah Pasar Panjang, dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pengelola Pasar dan Pedagang. Teknik Analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian strategi pengelola pasar tradisional terhadap keberadaan pasar modern dalam perspektif ekonomi islam adalah Berdasarkan metode yang digunakan dalam penelitian ini. Maka, jika di pandang dari perspektif ekonomi Islam strategi yang digunakan pengelola pasar tradisional yaitu dengan strategi devensif yaitu memperbaiki sarana dan prasarana barang atau jasa, sehingga tetap terjaga kenyamanan dan kualitas dari barang tersebut. salain itu, pengelola juga melakukan pendampingan dan pengawasan kepada pedagang pasar terhadap mekanisme pasar untuk menjaga dari praktek yang bertentangan dengan prinsip jual beli dalam Islam maupun tindakan yang menyebabkan terjadinya distorsi pasar. Kata kunci : Strategi, Pengelola Pasar Tradisional, Pasar Modern

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Dec 2021 04:09
Last Modified: 29 Dec 2021 04:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16819

Actions (login required)

View Item View Item